Aktivis Palestina Ahed Tamimi Ditangkap Israel

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Rabu, 08 November 2023
0 dilihat
Aktivis Palestina Ahed Tamimi Ditangkap Israel
Militer Israel mengatakan bahwa mereka telah menangkap aktivis terkemuka Palestina berusia 22 tahun Ahed Tamimi dalam penggerebekan di Tepi Barat. Foto: Repro Cnnindonesia.com

" Seorang aktivis Palestina, Ahed Tamimi, ditangkap pasukan Israel di rumahnya dengan tuduhan "penghasutan terorisme" "

TEL AVIV, TELISIK.ID - Seorang aktivis Palestina, Ahed Tamimi, ditangkap pasukan Israel di rumahnya dengan tuduhan "penghasutan terorisme".

Dikutip dari Cnnindonesia.com, Israel mengumumkan penangkapan itu pada Senin (6/11/2023), usai serangkaian penggerebekan dan pertempuran di Tepi Barat. Penggerebekan itu dilakukan di Desa Nabi Saleh dekat Ramallah, tempat Tamimi ditangkap.

Dilansir dari Al Jazeera, salah satu juru bicara militer Israel menyebut pemudi berusia 22 tahun itu ditangkap karena dicurigai menghasut kekerasan dan kegiatan teroris.

"Tamimi dipindahkan ke pasukan keamanan Israel untuk diinterogasi lebih lanjut," kata juru bicara itu.

Ibu Tamimi, Nariman mengatakan, pasukan Israel menggeledah rumah dan menyita ponsel anggota keluarga mereka. Pekan lalu, ayahnya Bassem Tamimi juga sudah ditangkap Israel dalam penggerebekan lainnya.

Baca Juga: Korban Tewas Palestina 10.328 Orang, Presiden AS: Potensi Jeda Taktis

Media Israel melaporkan bahwa Ahed Tamimi menyerukan pembunuhan terhadap para pemukim di Tepi Barat lewat unggahan di media sosial Instagram. Namun Nariman membantah laporan itu.

"Ada puluhan akun atas nama Ahed dan fotonya, yang tidak ada hubungannya dengan dia," ungkap sang ibu.

Ahed Tamimi dan anggota keluarganya adalah aktivis terkenal dan telah memimpin perlawanan tanpa kekerasan di Nabi Saleh selama hampir satu dekade.

Ayahnya sudah berkali-kali ditangkap Israel dan telah menghabiskan setidaknya empat tahun penjara.

Sementara itu Ahed Tamimi menjadi ikon perlawanan Palestina sejak video konfrontasinya dengan tentara Israel pada 2012 viral di media sosial. Dia didakwa atas 12 tuduhan termasuk penyerangan dan penghasutan, dan dipenjara selama 8 bulan.

Dikutip dari Liputan6.com, Ahed Tamimi menjadi terkenal pada usia 14 tahun ketika dia terekam menggigit seorang tentara Israel yang mendorong saudara laki-lakinya yang saat itu berusia 12 tahun hingga jatuh ke atas batu.

Baca Juga: Ini Asal Usul Israel, Mengungsi ke Palestina karena Diusir Adolf Hitler di Jerman

Dia kemudian ditangkap pada tahun 2017 karena menampar dan menendang dua tentara Israel yang berada di halaman rumah keluarganya setelah menyuruh mereka pergi.

Dia dijatuhi hukuman delapan bulan penjara karena menyerang tentara.

“Kami berharap generasi ini akan lebih kuat dari kami, dan dapat mengambil alih bendera Palestina dengan kekuatan yang lebih besar dan perlawanan yang lebih serius untuk mengakhiri pendudukan [Israel],” kata ayah Ahed, Bassem Tamimi, yang sudah lama menjadi aktivis Palestina. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga