adplus-dvertising

Alexia Putellas, Sang Bintang Barcelona Raih Trofi Ballon dOr Wanita 2021

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 30 November 2021
496 dilihat
Alexia Putellas, Sang Bintang Barcelona Raih Trofi Ballon dOr Wanita 2021
Pemain bintang Barcelona, Alexia Putellas. Foto: Repro fcbarcelona.com

" Pemain bintang Barcelona, Alexia Putellas meraih penghargaan bergengsi Ballon dOr Wanita 2021 yang digelar di Theatre du Chatelet "

PARIS, TELISIK.ID – Pemain bintang Barcelona, Alexia Putellas meraih penghargaan Ballon dOr Wanita 2021.

Melansir okezone.com, Alexia Putellas meraih penghargaan bergengsi tersebut dalam acara yang digelar di Theatre du Chatelet, Selasa (30/11/2021) dini hari WIB.

Alexia Putellas finis di depan pemain Chelsea, Sam Kerr, dan rekan setimnya, Lieke Martens. Pemain berusia 27 tahun itu adalah bagian dari musim peraih treble Barcelona dengan mencatatkan 18 gol dan 12 assist di Primera Iberdrola.


Putellas juga mencetak gol dari titik penalti di final Liga Champions melawan Chelsea. Hasilnya, Barcelona meraih trofi Eropa pertama mereka setelah menang di partai final dengan skor 4-0.

Gelar ini sekaligus melengkapi titel juara Liga Spanyol 2020-2021 yang sudah diraih sebelumnya.

Baca Juga: Messi Rebut Balon dOr 2021, Ronaldo Tak Berdaya

Tak hanya itu, gelar tersebut makin spesial lantaran Barcelona menjadi klub pertama yang bisa meraih Liga Champions di kategori pria dan wanita.

Putellas tumbuh sebagai penggemar Barcelona dan menghabiskan satu tahun di akademi muda mereka ketika dia berusia 11 tahun. Namun, sang maestro lini tengah wanita itu kemudian pindah ke Espanyol di mana dia bertahan hingga 2011.

Pemenang Ballon d'Or itu melakukan debutnya untuk klub ketika dia baru berusia 16 tahun. Dia merupakan bagian dari tim yang berhasil memenangkan Copa de la Reina 2010.

Putellas kemudian pindah ke Levante pada usia 17, sebelum mengamankan kepindahan kembali ke Barcelona pada musim panas 2012. Selain mengamankan Ballon d'Or, Putellas dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Wanita Eropa Tahun Ini.

Baca Juga: Dunia Maya Heboh, Lionel Messi Raih Ballon dOr 2021 Singkirkan Ronaldo

Mengutip kompas.com, Alexia Putellas mengakhiri musim 2020-2021 sebagai gelandang dengan pencetak gol terbanyak di Eropa dengan 26 gol di semua kompetisi. 

Selain itu, Putellas juga dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Wanita UEFA dan Gelandang Terbaik Tahun Ini.

"Jujur, ini sedikit emosional. Sangat istimewa. Senang berada di sini bersama semua rekan tim saya. Kami telah mengalami banyak hal bersama, terutama musim lalu," kata Putellas dikutip dari ESPN.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua rekan tim sepanjang karier saya dan yang saya miliki saat ini. Ini adalah gelar individu, tetapi sepak bola adalah olahraga tim," tuturnya.

"Tentu saja saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada klub. Merupakan hak istimewa untuk berada di sini mewakili Barcelona," katanya. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga