Anda Penikmat Kopi? Kenali Jenis-Jenis Tanaman Kopi

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 04 November 2020
0 dilihat
Anda Penikmat Kopi? Kenali Jenis-Jenis Tanaman Kopi
Sekarang kopi sudah menjadi life style kebanyakan orang. Foto: Repro tirto.id

" Iya, dulu itu saya jarang minum kopi, tapi sekarang malah ikut suka minum kopi. Barangkali ini pengaruh karena kopi sekarang sudah menjadi life style kebanyakan orang, ditambah warung kopi juga ada di mana-mana. "

KENDARI, TELISIK.ID - Minuman kopi bukan lagi hanya dikonsumsi oleh kalangan tertentu saja, tetapi sudah menjadi minuman yang dinikmati semua kalangan, baik orang dewasa maupun anak muda.

Jika sekitar 10 tahun ke belakang minuman berwarna coklat kehitaman ini diminum dalam kondisi tertentu saja, sekarang kopi sudah menjadi life style kebanyakan orang.

Warung kopi atau cafe yang menyediakan berbagai jenis kopi pun kini menjamur di mana-mana. Seolah setiap sudut di kota metropolitan terdapat beberapa cafe yang melengkapi keramaian kota.

Salah satu penikmat kopi, Sri Sulastri mengaku bahwa baru belakangan tahun terkahir ini ia sering menikmati secangkir kopi saat bersantai.

"Iya, dulu itu saya jarang minum kopi, tapi sekarang malah ikut suka minum kopi. Barangkali ini pengaruh karena kopi sekarang sudah menjadi life style kebanyakan orang, ditambah warung kopi juga ada di mana-mana," ujar warga Kelurahan Bende, Kecamatan Kadia, Kota Kendari, kepada Telisik.id, Rabu (4/11/2029).

Namun, bagi Anda yang penikmat kopi, ada baiknya Anda mengetahui jenis-jenis tanaman kopi sebagai tambahan wawasan tentang dunia kekopian.

Dilansir dari sasamecoffee.com, terdapat lebih dari 100 spesies, atau jenis kopi yang dikenal. Namun kebanyakan rasanya tidak enak atau memiliki hasil panen yang kecil.

Hanya ada tiga jenis kopi yang menjadi komoditas populer di dunia yaitu Arabika (Coffea arabica), Robusta (Coffea canephora var. robusta), dan Liberika (Coffea liberica). Berikut adalah ulasan mengenai ketiga jenis kopi tersebut.

Baca juga: Kendari Undercover: Pengakuan Sang Pelayan Cinta yang Layani Tiga Remaja Sekaligus

1. Arabika

Coffea arabica atau yang biasa dikenal dengan arabika adalah kopi pertama yang ditemukan di Ethiopia dan oleh bangsa Arab disebarkan ke penjuru dunia. Nama arabika kemudian digunakan karena peran bangsa Arab dalam menyebarkan biji kopi tersebut. Arabika juga merupakan jenis kopi pertama yang dibawa ke Indonesia oleh Belanda.

Tanaman arabika dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 1.000-2.000 meter dari permukaan laut. Pada dataran yang lebih rendah, tanaman ini sebenarnya masih bisa tumbuh. Namun, pertumbuhannya tidak akan optimal dan sangat mudah terserang hama.

Biji arabika mengandung kafein yang rendah sehingga rasa dan aromanya lebih menonjol. Ciri khas kopi arabika adalah rasanya yang asam dan warna seduhan yang tidak terlalu kental.

Jenis kopi arabika adalah yang paling diminati karena bisa menghasilkan beberapa varietas dengan aroma yang unik dan berbeda-beda. Bahkan, tanaman arabika yang sama dapat menghasilkan varietas kopi yang baru jika ditanam di daerah yang berbeda. Di Indonesia sendiri, kita bisa menemukan dan menikmati berbagai varietas arabika, mulai dari Aceh hingga Papua.

Oleh karena jenis dan rasanya yang beraneka ragam, arabika lebih banyak diminati daripada kopi robusta. Harganya pun lebih mahal karena perawatan tanaman arabika lebih sulit dibanding robusta. Sekitar 70?ri produksi kopi di dunia adalah jenis arabika.

2. Robusta

Tanaman kopi robusta ini bernama latin Coffea canephora var. robusta dan dipercaya pertama kali ditemukan di Kongo. Jenis ini sebetulnya merupakan subspesies atau varietas dari Coffea canephora. 

Setidaknya ada dua varietas utama Coffea canephora, yaitu robusta dan nganda. Namun, di antara keduanya, robustalah yang lebih populer sehingga namanya sering digunakan untuk menyebut canephora.

Nama robusta diambil dari kata robust yang berarti kuat. Sayangnya, meski tanaman ini lebih kuat dan tahan terhadap gangguan hama dibanding arabika, kualitas buahnya lebih rendah.

Indonesia termasuk penghasil kopi robusta terbesar setelah Vietnam dan Brazil dalam perdagangan global. Lebih dari 80% perkebunan di Indonesia ditanami robusta.

Baca juga: Ini 5 Keuntungan Wanita Karir yang Jarang Diketahui

Konon, dahulu robusta didatangkan ke Indonesia oleh Belanda untuk menggantikan produksi jenis kopi arabika karena perawatannya lebih gampang. Oleh karena inilah, tanaman kopi robusta lebih banyak ditemui di Indonesia daripada arabika. Kopi robusta ini pernah mengantarkan Indonesia menjadi ladang pengekspor kopi terbesar di dunia.

Tanaman kopi robusta dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 0-900 atau idealnya 400-800 meter dari permukaan laut. Suhu rata-rata yang dibutuhkan untuk tumbuh adalah sekitar 24-30°C dengan curah hujan 1.500-3.000 mm per tahun.

Robusta memiliki rasa yang kuat, kasar, dan cenderung lebih pahit dibandingkan dengan arabika. Oleh karena itu, sangat cocok digunakan pada minuman kopi yang menggunakan campuran susu seperti latte, cappuccino, mochacino, dan olahan kopi susu lainnya. Selain itu, robusta juga banyak digunakan sebagai bahan baku kopi instan.

Biji kopi robusta memiliki harga yang lebih murah dari arabika. Hal ini disebabkan oleh perawatannya yang mudah dan sangat tahan dengan berbagai penyakit tumbuhan. Kopi robusta memenuhi sekitar 28?ri produksi kopi di dunia.

3. Liberika

Coffea liberica atau kopi liberika pertama ditemukan di negara Liberia. Banyak orang beranggapan bahwa tanaman ini berasal dari daerah tersebut. Padahal liberika juga ditemukan tumbuh liar di daerah Afrika lainnya.

Pohon liberika bisa mencapai tinggi 18 meter. Ukuran buahnya lebih besar dibanding arabika dan robusta. Meski buahnya besar, bobot buah keringnya hanya 10?ri bobot basahnya.

Penyusutan bobot ketika dipanen ini tentu kurang disukai oleh para petani. Ongkos panen menjadi lebih mahal. Hal ini membuat petani enggan mengembangkan kopi liberika sehingga produksi dan persebarannya tidak seramai arabika dan robusta.

Meskipun masih dibudidayakan di beberapa daerah, tingkat produksi liberika adalah yang paling rendah dari jenis lainnya. Produksi liberika kiranya hanya sekitar 1-2?ri produksi kopi dunia. (B)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga