Antrean Mengular di Pelabuhan Kapal Malam Raha-Wanci, Pemudik Rela Datang Subuh

La Ode Manarfa Nafsahu, telisik indonesia
Sabtu, 06 April 2024
0 dilihat
Antrean Mengular di Pelabuhan Kapal Malam Raha-Wanci, Pemudik Rela Datang Subuh
Antrean di tempat penjualan tiket kapal di Pelabuhan Kapal Raha, Wanci, Jalan Tinumbu Kelurahan Kendai Kecamatan Kendari, Kota Kendari. Foto: La Ode Manarfa Nafsahu/Telisik

" Antrean panjang calon penumpang di Pelabuhan Kapal Malam tujuan Raha dan Wanci, di Jalan Tinumbu, Kota Kendari, terlihat sejak Sabtu (6/4/2024) Subuh "

Kendari, TELISIK.ID - Antrean panjang calon penumpang di Pelabuhan Kapal Malam tujuan Raha dan Wanci, di Jalan Tinumbu, Kota Kendari, terlihat sejak Sabtu (6/4/2024) Subuh. Para pemudik rela datang lebih pagi demi mendapatkan tiket kapal As-Sudais untuk mudik Lebaran.

Yumi, pemudik tujuan Ereke, Buton Utara, mengaku sudah datang sejak pukul 4.30 Wita. Ia khawatir kehabisan tiket karena banyaknya pemudik.

Hal senada diungkapkan Majudin, pemudik tujuan Wanci, Kaledupa, Wakatobi. Ia datang pada waktu yang sama, namun tetap harus mengantre di belakang penumpang yang datang lebih awal.

"Saya datang jam 4.30 Subuh, tapi masih diantar ke belakang," kata Majudin.

Tia, pemudik tujuan Ereke, Buton Utara, juga mengalami hal serupa. Ia datang pukul 5.00 Wita dan masih harus menunggu giliran.

Baca Juga: Mulai Hari Ini Masyarakat Bisa Mudik Gratis, Puncak Arus Mudik Diprediksi 2 Hari Jelang Lebaran

Berbeda dengan Suarti, pemudik tujuan Wangi-Wangi, Wakatobi. Ia dan rekannya telah membeli tiket sejak Jumat (5/4/2024) siang dan bermalam di kapal.

"Penjualan tiket sudah dibuka sejak kemarin siang. Saya khawatir tidak dapat tiket duluan," kata Suarti.

Meskipun penjualan tiket sudah dibuka lebih awal, banyak pemudik yang tidak mengetahuinya. Hal ini menyebabkan antrean panjang setiap tahun menjelang Lebaran.

Sonny, pemudik tujuan Wangi-Wangi, Wakatobi, memilih memesan tiket melalui Anak Buah Kapal (ABK) yang merupakan kerabatnya. Ia ingin menghindari antrean dan keterlambatan karena pada musim mudik, kapal berangkat lebih awal.

Baca Juga: Pertigaan Jalan Brigjen Yoenoes, Antero Hamra, dan The Park, Titik Kemacetan Baru di Kota Kendari

"Saya menghindari antrean panjang dan keterlambatan. Pada musim mudik, kapal berangkat lebih awal," kata Sonny.

Kapal As-Sudais dijadwalkan berangkat pukul 9.00 Wita. Namun, pada musim mudik, keberangkatan bisa dipercepat jika penumpang sudah maksimal.

Harga tiket Kapal As-Sudais ke Ereke, Buton Utara adalah Rp 158.000 dan ke Wanci Rp 228.000. (A)

Penulis: La Ode Manarfa Nafsahu

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga