Atasi Kekeringan, BPBD Jatim Gandeng ITS Cari Titik Sumber Air Tanah

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Jumat, 16 Oktober 2020
0 dilihat
Atasi Kekeringan, BPBD Jatim Gandeng ITS Cari Titik Sumber Air Tanah
Proses pencarian titik sumber air. Foto: Ist.

" Ini juga menjadi solusi bagi masyarakat yang sedang berupaya mencari titik sumber air tanah di daerahnya. "

SURABAYA, TELISIK.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur (Jatim), menggandeng Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya untuk mencari sumber air di 10 daerah di Jatim untuk mengatasi kekeringan.

Plt Kalaksa BPBD Jatim, Yanuar Rachmadi  mengungkapkan, upaya pencarian titik sumber air tanah ini dilakukan sebagai bahan rujukan bagi pemerintah, baik provinsi, kabupaten maupun desa yang mencari sumber air guna mengatasi kekeringan di daerahnya.

"Ini juga menjadi solusi bagi masyarakat yang sedang berupaya mencari titik sumber air tanah di daerahnya," katanya di Surabaya, Jumat (16/10/2020).

Baca juga: Anggota DPR RI Bantu Warga Berpenghasilan Rendah

Yanuar membeberkan, 10 daerah tersebut antara lain Kabupaten Tuban, Lamongan, Bojonegoro, Gresik, Ngawi, Pacitan, Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep.

"Di setiap daerah itu, penelitian geolistrik mengambil sampel di dua desa. Dan di setiap desa, pencarian titik sumber air tanah ini dilakukan di lima lokasi," jelasnya.

Ditambahkan, penelitian geolistrik yang dilakukan Tim BPBD Jatim bersama Laboratorium ITS ini akan berlanjut di tujuh daerah lain. (B)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga