adplus-dvertising

Awas Boros, Ini 5 Cara Efektif Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 21 September 2022
312 dilihat
Awas Boros, Ini 5 Cara Efektif Mengatur Keuangan Rumah Tangga
Salah dalam mengatur keuangan rumah tangga bisa saja mengganggu keharmonisan keluarga. Foto: Repro Very Fund

" Keuangan rumah tangga harus diatur dengan baik agar pengeluaran tiap bulan tidak boros "

KENDARI, TELISIK.ID - Keuangan rumah tangga harus diatur dengan baik agar pengeluaran tiap bulan tidak boros. Sebab bila keuangan tidak diatur, keharmonisan rumah tangga bisa terganggu.

Dikutip dari cimbniaga.co.id, pasangan suami istri haris mengetahui cara mengatur keuangan rumah tangga yang benar agar seluruh kebutuhan keluarga bisa terpenuhi.

Banyak faktor yang memengaruhi keuangan rumah tangga. Mulai dari kebutuhan wajib yang harus dipenuhi hingga keinginan atau konsumsi bersifat tambahan atau hiburan.


Mengatur keuangan rumah tangga bukan hanya menjadi tanggung jawab satu orang saja. Baik suami maupun istri, sama-sama mempunyai peran yang vital dalam mengatur keuangan rumah tangga.

Banyak risiko yang terjadi jika salah dalam mengatur keuangan rumah tangga, salah satunya adalah missed manajemen dalam mengatur keuangan rumah tangga bisa saja mengganggu keharmonisan keluarga.

Baca Juga: 8 Tips Membeli HP Bekas Agar Tidak Tertipu

Melansir katadata.co.id dari situs Qoala.app, berikut tips mengatur keuangan rumah tangga secara efektif:

1. Melakukan Pencatatan Pendapatan Pasangan

Hal pertama dalam cara mengatur keuangan rumah tangga adalah mencatat seluruh pemasukan Anda dan pasangan yang masuk selama satu bulan.

Pemasukan yang dimaksud di sini bukan hanya dari penghasilan gaji bulanan, tetapi juga termasuk insentif yang didapatkan apabila menerima upah lembur hingga keuntungan bila sedang berinvestasi.

Tentu ini sangat penting untuk dilakukan agar Anda dan pasangan bisa membagi alokasi penghasilan yang dimiliki ke kebutuhan yang harus dipenuhi.

Perlu diingat bahwa yang pertama harus dipenuhi adalah kebutuhan yang sifatnya primer. Dengan menghitung seluruh pemasukan, mengatur keuangan rumah tangga menjadi lebih mudah.

2. Membuat Prioritas Anggaran Belanja Keluarga

Di nomor dua dalam cara mengatur keuangan rumah tangga adalah tentukan prioritas keuangan keluarga selama sebulan dalam bentuk daftar prioritas. Daftar ini nantinya akan membantu Anda dan pasangan dalam mengatur keuangan rumah tangga secara efektif.

Dengan membuat daftar prioritas, alokasi dan pengeluaran dana rumah tangga akan menjadi lebih rapi dan tertata.

Di kedepannya, pengeluaran rumah tangga yang masuk daftar prioritas di antaranya biaya makan sehari-hari, belanja dapur, tagihan listrik, tagihan air, biaya transportasi kerja, pendidikan anak apabila sudah memasuki usia sekolah, hingga cicilan kendaraan atau rumah.

Di sisi lain untuk membantu mengatur keuangan rumah tangga, daftar prioritas ini akan menjadi pengingat bahwa kebutuhan prioritas harus terpenuhi terlebih dahulu. Lalu, jika masih cukup bisa dialokasikan untuk kebutuhan sekunder dan tersier.

3. Menetapkan Anggaran Belanja Terperinci dan Detail

Ketidakhematan dalam tata kelola keuangan rumah tangga cenderung terjadi ketika menggunakan uang untuk mengikuti keinginan, padahal keinginan belum tentu menjadi kebutuhanmu dan pasangan.

Cara terbaik untuk menggunakan pendapatan yang kecil adalah membuat rencana belanja bulanan dengan menggunakan anggaran yang tertulis secara rinci.

4. Antisipasi Kondisi Terburuk, Siapkan Dana Darurat

Walaupun selalu diungkapkan bahwa harus berhemat dan mengurangi pengeluaran pada beberapa bidang, namun bukan berarti Anda tidak punya dana darurat.

Baca Juga: 5 Trik Ampuh Turunkan Berat Badan di Usia 30-an Tahun

Dana darurat adalah salah satu konsep paling penting yang harus dipikirkan saat membahas keuangan rumah tangga. Hal itu tidak jauh berbeda dengan menabung, tips yang satu ini mengutamakan kebiasaan untuk mengalokasikan dana khusus. Anggap saja untuk kebutuhan masa depan atau kesehatan.

5. Membuat Alokasi Khusus Dana Tabungan dan Investasi

Selain mengalokasikan pendapatan untuk dana cadangan atau darurat, Anda dan pasangan juga perlu mengalokasikan pendapatan untuk keperluan di luar kebutuhan rutin. Misalnya, pengeluaran untuk tabungan dan investasi.

Kedua hal ini termasuk dalam cara mengatur keuangan agar tidak boros.

Nah, itulah beberapa tips yang mudah dilakukan agar keuangan rumah tangga tidak boros. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga