Bagun Jalan Sepanjang 2,8 kilometer, PT CSM Dapat Apresiasi dari Pj Bupati Kolaka Utara

Muh. Risal H, telisik indonesia
Kamis, 20 Juni 2024
0 dilihat
Bagun Jalan Sepanjang 2,8 kilometer, PT CSM Dapat Apresiasi dari Pj Bupati Kolaka Utara
Pj Bupati Kolaka Utara, Sukanto Toding resmikan jalan sepanjang 2,8 kilometer yang dibangun perusahaan pertambangan PT CSM. Foto: Diskominfo Kolaka Utara

" Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara, Sukanto Toding meresmikan jalan yang dibangun PT Citra Silika Mallawa (CSM) sepanjang 2,8 kilometer dengan lebar 5 meter "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara, Sukanto Toding meresmikan jalan yang dibangun PT Citra Silika Mallawa (CSM) sepanjang 2,8 kilometer dengan lebar 5 meter.

Keberadaan bangunan jalan yang terletak di Dusun Potoa, Desa Sulaho, Kecamatan Lasusua ini memberikan kemudahan bagi warga setempat untuk mengakses layanan kesehatan, pendidikan, dan pasar.

Pj Bupati Kolaka Utara, Sukanto Toding, memberikan apresiasi kepada Direksi dan Karyawan PT CSM atas kontribusi nyata dan pengabdian dengan membangun akses jalan bagi masyarakat setempat.

Baca Juga: KPU Kolaka Utara Gelar Bimtek Pemutakhiran Data Pemilih, Sidalih dan E-Coklit untuk Pilkada tahun 2024

Ia berharap, proyek ini dapat menjadi contoh kolaborasi antara pemerintah daerah dan sektor swasta dalam membangun infrastruktur yang berkelanjutan dan berdampak positif bagi masyarakat luas.

Pj Bupati Kolaka Utara, Sukanto Toding didampingi anggota Ketua DPRD Kolaka Utara berdialog dengan Direksi PT CSM. Foto: Diskominfo Kolaka Utara

 

"Kini warga Desa Sulaho lebih mudah mengakses layanan kesehatan, pendidikan, dan pasar dengan adanya jalan tersebut," terangnya, Rabu (19/6/2024).

Tidak hanya itu, Sukanto Toding selaku pemerintah daerah berkomitmen akan mendukung berbagai program inisiatif yang bermanfaat bagi masyarakat.

Menurutnya, perusahaan pemberdayaan dan pengembangan masyarakat, seperti CSM, memberikan kontribusi penting melalui instrumen pajak dan program spesifik yang berdampak langsung pada masyarakat.

"Kami sangat mengapresiasi upaya PT CSM dalam membantu pemerintah mengatasi berbagai masalah sosial. Untuk itu, kedepannya kami berharap kerjasama yang lebih erat termasuk pentingnya keterlibatan industri dan investasi membantu mengatasi stunting dan kemiskinan di Kolaka Utara," imbuhnya.  

Humas PT CSM, Nur Khusain menuturkan, pembangunan jalan rabat beton tersebut merupakan bagian dari program pengembangan masyarakat yang digagas PT CSM. Pembangunan dirintis awal tahun 2021 dengan total anggaran kurang lebih Rp 7 miliar.

Anggaran tersebut mencangkup biaya operasional bahan bakar sebesar Rp 2,3 miliar, bronjong Rp 1,8 miliar, rabat jalan Ro 2,5 miliar, serta pemindahan dan pemasangan listrik sekitar Rp 1 miliar.

Baca Juga: 999 Ekor Hewan Kurban Disembelih di Kolaka Utara

"Kami berharap jalan ini bisa bermanfaat serta meningkatkan kualitas hidup warga setempat, khususnya masyarakat Desa Sulaho dan masyarakat Kolaka Utara pada umumnya," kata Nur Khusain.

Sementara itu, Kepala Desa Sulaho, Nasir berterimakasih kepada PT CSM atas bantuan akses jalan yang telah diberikan. Kata dia, sebelum jalan ini dibangun masyarakat setempat menggunakan transportasi laut (perahu) menuju desa lain.

"Kini dengan adanya jalan tersebut kami tidak perlu khawatir lagi," tukasnya. (A-info)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga