Baliho Surunuddin-Rasyid Dirusak OTK, LO: Ada Tiga Kecamatan

Kardin, telisik indonesia
Sabtu, 08 Agustus 2020
0 dilihat
Baliho Surunuddin-Rasyid Dirusak OTK, LO: Ada Tiga Kecamatan
Nampak beberapa baliho Surunuddin-Rasyid yang telah dirusak. Foto: Ist.

" Sudah beberapa kali atribut petahana dirusak. Mungkin mereka sangat khawatir dan cemas dengan gerakan relawan petahana. Sehingga upaya yang mereka lakukan, ya salah satunya merusak APK petahana. "

KENDARI, TELISIK.ID - Puluhan Alat Peraga Kampanye (APK) berupa baliho pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Konawe Selatan, Surunuddin Dangga-Rasyid (Suara), dirusak oleh orang tidak dikenal (OTK).

Diketahui, pengrusakan baliho pasangan berakronim Suara itu bukan hanya kali pertama, tetapi sudah berulang kali terjadi.

Liaison Officer (LO) Surunuddin Dangga, Nanang Supratman menjelaskan, pengrusakan APK Bupati Konsel saat ini dengan kategori parah berada di tiga Kecamatan, yakni Kecamatan Konda, Wolasi dan Ranomeeto.

"Tiga kecamatan dirusak, itu semua baliho yang terpasang di setiap sudut desa dan kelurahan dirusak oknum," katanya. Itupun kami belum masuk melihat kondisi baliho di Kecamatan Moramo dan wilayah lainnya. Hanya ada informasi untuk wilayah Kecamatan Landoono dan Mowila itu hanya baliho lama," jelasnya, Sabtu, (8/8/2020).

Nanang pun sangat menyayangkan aksi yang tidak baik itu. Menurutnya, pengrusakan APK oleh oknum yang tidak bertanggung jawab itu merupakan bagian dari kecemasan dan kekhawatiran melihat pergerakan tim relawan Paslon Suara yang begitu masif.

"Sudah beberapa kali atribut petahana dirusak. Mungkin mereka sangat khawatir dan cemas dengan gerakan relawan petahana. Sehingga upaya yang mereka lakukan, ya salah satunya merusak APK petahana,"

Baca juga: Tersangka Dugaan Korupsi Dana KONI Buton Bertambah Dua Orang

Akan tetapi, Nanang mengingatkan dan mengimbau ke pada seluruh tim relawan juga pendukung Paslon Suara agar tidak melalukan hal serupa.

"Saya minta semua unsur pendukung untuk sabar dan menahan diri agar tidak membalas. Karena tim relawan Suara 2020 tidak memiliki sikap yang akan menyulut emosi para pendukung. Intinya kami tetap akan santun menyikapi ini," paparnya.

Atas aksi pengrusakan itu, dirinya bakal membawanya ke ranah hukum. Namun, terlebih dahulu mendiskusikan ke tim relawan Paslon Suara 2020.

"Saya masih melakukan koordinasi dengan tim, apakah kita akan lapor ke pihak berwajib atau tidak. Karena ini bukan hanya sekali terjadi namun sudah berulang kali," tukasnya.

Selain itu, Nanang menguraikan, aksi pengrusakan itu dilakukan oleh oknum terlatih dan berpengalaman. Sebab, sejak semalam tim Paslon Suara 2020 masih terus melakukan pemantauan kondisi APK hingga pukul 00.00 WITA.

"Kerusakan ini ditahu pagi tadi, jadi perkiraan kami kejadian pengrusakan baliho ini terjadi pada sekitar jam 2 subuh tadi. Karena jam 12 tadi malam baliho itu masih utuh," pungkasnya.

Reporter: Kardin

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga