Bangun Kampung Halaman, Mantan Karyawan Bank Ini Siap Tarung di Pilkada Muna Barat

Putri Wulandari, telisik indonesia
Jumat, 24 Mei 2024
0 dilihat
Bangun Kampung Halaman, Mantan Karyawan Bank Ini Siap Tarung di Pilkada Muna Barat
Bakal calon Bupati Muna Barat, La Ode Muhammad Amsar (kiri) bersama masyarakat. Foto: Ist.

" Sosok La Ode Muhammad Amsar dikenal sebagai seorang karyawan BRI Kendari. Karena tekadnya yang kuat untuk membangun kampung halamannya, kini ia siap bertarung di Pilkada Muna Barat "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Sosok La Ode Muhammad Amsar dikenal sebagai seorang karyawan BRI Kendari. Karena tekadnya yang kuat untuk membangun kampung halamannya, kini ia siap bertarung di Pilkada Muna Barat.

La Ode Muhammad Amsar merupakan putra daerah asli Muna Barat. Tepatnya ia lahir di Desa Sawerigadi, Kecamatan Barangka, Kabupaten Muna Barat, pada 6 November 1982, dan merupakan anak keempat dari pasangan La Ode Naali dan Wa Ode Musa.

Di antara 7 orang bersaudara, Amsar dikenal di kalangan keluarga sebagai sosok pekerja keras dan telah menjadi tulang punggung keluarga sejak dini.

"Amsar ini sosok pemuda yang sukses dan mempunyai keinginan untuk membangun tanah kelahirannya," ujar salah satu kerabatnya, Junaid.

Dapat dilihat dari perjalanan karirnya di BRI Kota Kendari, yaitu ia mulai dari seorang trainee bidang operasional pada tahun 2004 kemudian menjadi seorang Junior UPN seksi layanan operasional di tahun 2005-2009.

Baca Juga: Gugatan Ditolak MK, AJB Menatap Pilkada Muna

Selanjutnya, karirnya naik menjadi junior customer service seksi layanan operasional di tahun 2010-2011. Di tahun 2011-2013 ia menjabat sebagai pelaksana junior trainee fo ro, kemudian lanjut sebagai associate funding officer di tahun 2013-2018, selanjutnya ia menjabat sebagai junior funding officer, lalu sebagai associate relationship manager di tahun 2018-2019.

Kemudian, puncak karirnya di BRI Kendari Samratulangi sebagai associate priority banking officer dari tahun 2020-2024. Saat itu ia berpikir kembali ke tanah kelahirannya untuk membangun Muna Barat menjadi lebih maju. Karena itulah ia siap bertarung di Pilkada 2024 mendatang.

Karirnya cemerlang ternyata ditunjang oleh pendidikannya. Tercatat, dia pernah  menjadi wisudawan terbaik Universitas Halu Oleo tahun 2004 dari Jurusan Ilmu Komunikasi, FISIP, jenjang strata 1 (S1). Kemudian di tahun 2011, ia melanjutkan strata 2 (S2) di jurusan Administrasi Pembangunan, Kajian Budaya, Universitas Halu Oleo.

Sebelumnya, Amsar menamatkan pendidikannya di SDN Nihi 1988-1994, dan melanjutkan pendidikan di SMPN Matakidi tahun 1994-1997, dan bersekolah di STM Raha sejak 1997-2000.

Bukan hanya karir dan pendidikannya yang memukau, tetapi juga pengalaman berorganisasinya. Di tahun 2001-2002 dia aktif di organisasi Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM), kemudian di 2003 hingga 2004 ia menjabat sebagai ketua BEM FISIP Universitas Halu Oleo.

Selanjutnya, dari 2022 hingga 2027 menjabat sebagai Bendahara Umum Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) majelis wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara.

Menurut LO La Ode Muhammad Amsar, Julhan, ayah tiga orang anak itu memulai karirnya di dunia politik sejak 30 Juni 2023. Keseriusannya untuk maju di Pilkada 2024 ditandai dengan mendaftarnya ia di beberapa partai yaitu PDIP, NasDem, PPP, dan akan mendaftar di partai yang membuka penjaringan kepala daerah.

Baca Juga: Pasangan Balon Bupati Buton Ini Berhasil Raih Dukungan Terbanyak di Tiga Kecamatan

"Baru tiga partai mendaftar karena baru ini yang membuka penjaringan kepala daerah," ungkapnya via WhatsApp, Jumat (23/5/2024).

Keseriusan ini juga tak hanya dilihat dari mendaftarnya ia di beberapa partai, tetapi penerimaan masyarakat begitu baik. Sebab masyarakat menilai Amsar sebagai sosok yang santun, lemah lembut dan sederhana.

Amsar mampu menempatkan masyarakat sebagai keluarga yang harus dilayani dengan lemah lembut sepenuh hati, sebab pengalamannya lebih dari 20 tahun di dunia perbankan dengan standar excellent. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga