Batu Kapur pada Proyek APBN di Muna Dibongkar

Sunaryo, telisik indonesia
Sabtu, 17 Juni 2023
0 dilihat
Batu Kapur pada Proyek APBN di Muna Dibongkar
Proses pembongkaran material batu kapur pada proyek talud. Foto: Sunaryo/Telisik

" Tim Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulawesi Tenggara, telah melakukan pemeriksaan terhadap material batu yang digunakan pada proyek peningkatan kualitas kawasan kumuh yang bersumber dari APBN di Lagasa, Kecamatan Duruka, Kabupaten Muna "

MUNA, TELISIK.ID - Tim Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulawesi Tenggara, telah melakukan pemeriksaan terhadap material batu yang digunakan pada proyek peningkatan kualitas kawasan kumuh yang bersumber dari APBN di Lagasa, Kecamatan Duruka, Kabupaten Muna.

Untuk material batu kapur yang digunakan pada talud, tim balai memerintahkan kontraktor PT Alfa Media Adi Jaya membongkarnya dan mengganti dengan batu gunung.

"Sesuai arahan tim balai, kita sudah bongkar batu yang tidak sesuai pada talud," kata Yos, pengawas pekerjaan, Sabtu (17/6/2023).

Baca Juga: Penggunaan Batu Kapur di Proyek APBN, Kontraktor dan Balai Prasarana Permukiman Diduga Main Mata

Yos mengaku, bukan unsur kesengajaan memasang batu yang tidak sesuai pada talud. Sebab, batu-batu yang terpasang, testurnya keras.

"Hanya memang warnanya putih, tetapi testurnya keras," timpalnya.

Karena telah diperintahkan untuk dibongkar, mau tidak mau mereka harus melakukannya dan mengganti dengan batu yang sesuai.

"Batu warna putih, sudah kami singkirkan," sebutnya.

Baca Juga: Bila Tidak Dibongkar, DPRD Muna Minta APH Periksa Proyek APBN di Lagasa

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Muna, Awal Jaya Bolombo menekankan pada kontraktor agar menggunakan material sesuai spesifikasi, sehingga pekerjaannya berkualitas dan tidak menimbulkan kerugian keuangan negara.

"Jangan materialnya diganti dengan yang tidak sesuai. Kami akan terus melakukan pengawasan terhadap proses pekerjaan itu," ungkapnya. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga