Bawaslu Awasi Umar Samiun di Wakatobi

Musdar, telisik indonesia
Rabu, 11 November 2020
0 dilihat
Bawaslu Awasi Umar Samiun di Wakatobi
Umar Samiun (mengenakan sarung. Foto: Ist.

" Umar Samiun sama saja statusnya masyarakat lain. Semua kita awasi. "

KENDARI, TELISIK.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengawasi gerak-gerik Tokoh Masyarakat Kepulauan Buton (Kepton), Umar Samiun, di Pilkada Wakatobi.

Ketua Bawaslu Wakatobi, Arifin mengatakan, pengawasan dilakukan Bawaslu sebagai lembaga penyelenggara Pemilu yang bertugas mengawasi penyelenggaraan Pemilu.

"Umar Samiun sama saja statusnya masyarakat lain. Semua kita awasi," kata Arifin, Rabu (11/11/2020).

Arifin menegaskan, kehadiran Umar Samiun di panggung kampanye Paslon Haliana-Ilmiati (HATI) sebagaimana dipersoalkan Tim Pemenangan Paslon Arhawi-Hardin (HALO), hanya sebagai simpatisan sama seperti lainnya. Sebab, mantan Ketua DPW PAN Sultra itu sudah mengundurkan diri dari Tim Kampanye HATI 2 November 2020.

Baca juga: Empat Petahana di Pilkada Sultra Dekati Kemenangan

"Kami melihat di kampanye, beliau hanya duduk, beliau tidak orasi," sambungnya.

Sementara itu, Arifin mengungkapkan, persoalan Umar Samiun membagikan beras kepada masyarakat di tengah berlangsungnya tahapan Pilkada, Bawaslu juga tetap mengawasi.

"Kawan-kawan Panwascam melakukan itu (pengawasan)," tambahnya.

Jika nantinya ditemukan ada dugaan pelanggaran yang memenuhi unsur formil maupun materil, Bawaslu akan bertindak. Bukan hanya kepada Umar Samiun, Bawaslu akan menindak siapa saja yang mencoba mencederai demokrasi. (B)

Reporter: Musdar

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga