Tips Pilih Frame Kacamata Berdasarkan Bentuk Muka

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Sabtu, 26 Agustus 2023
0 dilihat
Tips Pilih Frame Kacamata Berdasarkan Bentuk Muka
Wajah berbentuk hati bisa mencoba kacamata dengan bentuk frame aviator untuk memberikan tampilan terbaik. Foto: Repro Katadata.co.id

" Banyak cara untuk mencari desain frame yang paling sesuai, salah satunya dari bentuk wajah "

KENDARI, TELISIK.ID - Seiring berkembangnya tren, kacamata kini jadi salah satu item fashion untuk menunjang penampilan. Meski setiap orang bebas memilih preferensi masing-masing dalam memilih model kacamata, namun banyak cara untuk mencari desain frame yang paling sesuai, salah satunya dari bentuk wajah.

Dilansir dari Ameera.republika.com dan Fimela.com, untuk menemukan frame yang paling sesuai dengan bentuk wajah, berikut beberapa tipsnya.

1. Frame persegi untuk bentuk wajah oval dan bulat

Bentuk wajah oval pada dasarnya proporsional secara merata. Wajah ini sedikit menyempit pada bagian dahi dan dagu, serta paling lebar pada bagian tulang pipi. Wajah oval cocok menggunakan hampir semua jenis kacamata.

Namun kadang bingkai yang terlalu besar dapat menyebabkan ketidakseimbangan proporsi untuk bentuk wajah oval. Kacamata yang ukurannya terlalu besar, dan kacamata yang terlalu kecil, dapat mengganggu keseimbangan alami wajah oval.

Baca Juga: Cara Dapatkan Tidur yang Cukup di Malam Hari

Maka dari itu, jenis kacamata terbaik bagi wajah oval yang bisa kamu coba adalah kacamata persegi karena garisnya yang kuat dan sudut tegak lurusnya memberikan kontras. Selain itu, bentuk wajah bulat yang memiliki proporsi merata dengan dahi, rahang, dan pipi membulat juga cocok menggunakan kacamata model persegi yang akan membuat wajah Anda kelihatan lebih panjang.

2. Kacamata dengan frame geometris untuk wajah persegi

Wajah persegi memiliki ciri-ciri dahi lebar dengan tulang pipi kuat dan garis rahang bersudut. Untuk mengimbangi bentuk wajah persegi, kacamata dengan bentuk yang lebar akan lebih sesuai dibandingkan kacamata berbingkai kecil.

Kacamata geometris dapat menjadi salah satu jenis kacamata terbaik bagi orang berwajah persegi.

3. Bentuk wajah diamond

Bentuk wajah diamond merupakan salah satu yang paling jarang dimiliki, dimana dahi yang sempit dengan tulang pipi tinggi dan dagu lancip. Salah satu frame kacamata yang dapat membuat bentuk wajah diamond terlihat lebih proporsional di antaranya adalah kacamata cat eye atau mata kucing.

Baca Juga: Tips Parenting, Didik Anak agar Tak jadi Pelaku Bullying

Sebab, frame kacamata ini menonjolkan garis alis yang mengarah ke atas dan lancip, serasi dengan fitur sudut wajah diamond.

4. Frame kacamata aviator klasik

Wajah berbentuk hati terkadang sulit dibedakan dengan wajah bulat karena keduanya memiliki bentuk yang hampir mirip. Namun wajah berbentuk hati biasanya memiliki dahi yang lebih lebar dengan garis rahang sempit dan dagu meruncing.

Wajah hati bisa mencoba kacamata dengan bentuk frame aviator untuk memberikan tampilan terbaik. Sebab, kacamata bergaya aviator seringkali memiliki frame kawat tipis dan lensa besar sehingga mata dapat terlihat jelas sebagai titik fokus yang menarik.

Kacamata model aviator memang klasik, namun selalu timeless dan popular di tengah masyarakat. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga