Beli Sapi Kurban yang Sehat, Begini Saran Penjual

Erni Yanti, telisik indonesia
Sabtu, 17 Juni 2023
0 dilihat
Beli Sapi Kurban yang Sehat, Begini Saran Penjual
Pembeli sedang melihat kesehatan sapi kurban melalui label vaksin dan bentuk tubuh sapi yang tidak mengalami kecacatan. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Hari raya Idul Adha tentu hari yang ditunggu-tunggu umat Islam untuk menyembeli hewan kurban, namun perlu dikerahui, membeli hewan kurban yang sehat menjadi keinginan setiap pembeli "

KENDARI, TELISIK.ID - Hari raya Idul Adha tentu hari yang ditunggu-tunggu umat Islam untuk menyembeli hewan kurban, namun perlu dikerahui, membeli hewan kurban yang sehat menjadi keinginan setiap pembeli.

Belakangan ini banyak menggencarkan pemerintah dan peternak sapi terhadap kesehatan sapi untuk dijual dan disembelih saat lebaran. Salah satunya penyakit kuku mulut (PMK) dan penyakit lainnya yang dialami oleh ternak.

Ternak yang sehat tentunya menjadi pilihan utama untuk kurban. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk memperhatikan kelengkapan badan hingga sertifikasi kesehatan sapi sebelum memutuskan beli untuk kurban Idul Adha.

Baca Juga: Jumlah Pembeli Sapi Kurban Meningkat Meski Harga Naik

Beberapa peternak sapi memberikan tips cara melihat sapi yang sehat agar mendapat daging yang bermutu, sehingga pembeli merasa puas dan bisa membangun kepercayaan kepada pembeli.

Salah seorang penjual hewan kurban, Sulisisno menyampaikan, sapi yang sehat tentunya sudah divaksin dengan standar dapat dipercaya, artinya memiliki barcode untuk dicek melalui aplikasi apakah sudah divaksin atau tidak.

"Alhamdulilah sapi-sapi yang ada ini sudah divaksin semua, itu ada barkotnya, bisa dilihat tanggal vaksinnya tanggal kelahiran sapinya ada semua, bisa dilihat diaplikasi," ucap Sulisno, Sabtu (17/6/2023)

Kemudian saran untuk melihat sapi yang sehat yakni melihat hidung sapi yang berkeringat berarti dalam keadaan sehat. Selain itu kondisi sapi tanpa ada kecacatan, dari mulut, kaki dan mata masih baik-baik saja.

"Ya sehat utamanya kan ini dilihat dari hidungnya, kalau berkeringat itukan tandanya berarti sehat, dari mata maksunya tubuhnya. Sapi kurbankan nda boleh cacat telinganya robek atau apa," ujarnya

Dikatakan, kepedulian terhadap kesehatan sapi kurban tidak hanya datang dari penjual, namun pemerintah turut gencar juga turun memeriksa hewan-hewan kurban dikadang sapi untuk melakukan pemeriksaan secara berkala.

Di sisi lain beberapa pembeli yang berdatangan, berdasarkan pengamatan Telisik.id mereka membeli sapi sangat jeli memerhatikan ternak, untuk melihat kesehatannya dan ketidak cacatanhewan kurban.

Baca Juga: Niat dan Doa Berkurban saat Idul Adha

"Sapinya ini sehat dari bentuknya ini, itu sapi kelihatan kalau ini sehat sudah jelas sehat dari lihat keberihan dimatanya. Ini sudah ada anting yang ditempelkan kalau sudah divaksin, insya Allah akan," ucap Nursina pembeli sapi kurban.

Sementara pembeli yang lain mengungkapkan, ketika sudah divaksin dalam hal ini kesehatan ternak diperhatikan oleh pemilik.

"Inikan sudah divaksin ada ditempelkan ditelinga sapi sehingga untuk kesehatannya Insya Allah sehat, sudah kita liat-liat juga tadi keadaan sapinya. (A)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga