BEM Unsultra Dan DEM Sultra, Berkolaborasi Wujudkan Kedaulatan Energi Negeri

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Kamis, 17 Februari 2022
0 dilihat
BEM Unsultra Dan DEM Sultra, Berkolaborasi Wujudkan Kedaulatan Energi Negeri
Suasana seminar nasional yang di hadiri oleh ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Sultra. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

" Tekanan makin bertambah di negara ini karena kata dia, adanya isu global tentang pengurangan emisi gas rumah kaca "

KENDARI, TELISIK.ID - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) berkolaborasi dengan Dewan Energi Mahasiswa (DEM) Sultra, dalam giat seminar nasional, Kamis (17/2/2022).

Di mana dalam seminar nasional tersebut mengangkat tema, peta panjang energi nasional dan masa depan investasi di Sultra demi terwujudnya kedaulatan energi negeri.

Gubernur Sultra, Ali Mazi yang diwakili Asisten III Administrasi Umum, Sukanto Toding mengatakan, kegiatan tersebut sebagai bentuk respon positif kalangan generasi milenial dari kegalauan negeri tercinta atas kelangkaan energi.

"Dengan makin terbatasnya energi fosil, seperti minyak, gas dan batubara," katanya.

Tekanan makin bertambah di negara ini karena kata dia, adanya isu global tentang pengurangan emisi gas rumah kaca.

"Krisis energi akan membuat pembangunan terhambat, karena energi menjadi penggerak segala sektor kehidupan dan pembangunan," ucapnya

Lanjut ia berharap, kegiatan itu menjadi berkah untuk Sultra pada khususnya dan Indonesia pada umumnya dalam membangun kemandirian dan ketahanan energi nasional.

"Sebagai salah satu kekuatan ekonomi Indonesia di masa kini dan masa yang akan datang," harapnya.

Sementara itu, Rektor Unsultra, Andi Bahrun mengatakan, sumber daya energi perlu mendapatkan perhatian yang serius dan sungguh-sungguh.

Baca Juga: Pemkot Kendari Siapkan Rencana Pembangunan Daerah Masa Transisi

Karena, Sultra memiliki potensi yang sangat besar dari segi energi, yakni memiliki cadangan minyak bumi yang belum terekploitasi.

"Sultra juga memiliki energi baru dan terbarukan antara lain energi bahan emas dan energi panas bumi, kita cukup kaya," ucapnya.

Lanjut ia mengatakan, Unsultra sebagai institusi pendidikan akan selalu ikut berkontribusi untuk mewujudkan pengelolaan Sumberdaya Daya Alam (SDA) demi membawa kesejahteraan dan peningkatan daya saing menuju Indonesia maju.

Baca Juga: Pebulutangkis Kota Kendari Tak Ada Alasan Tidak Berprestasi

Kemudian, Ketua BEM Unsultra, Hasir mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kolaborasi pertama antara pihaknya dan DEM Sultra.

Ia mengatakan, jumlah peserta dalam giat tersebut sebanyak 60 orang yang terdiri dari mahasiswa dan ketua-ketua BEM se-Sultra.

"Semoga dengan pemilihan tema dalam kegiatan ini, ke depannya bisa berkolaborasi dengan pihak pemerintah daerah," ungkapnya. (A)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Kardin

Baca Juga