Berantas Limbah Plastik di Pasarwajo Kabupaten Buton

Febriyani, telisik indonesia
Kamis, 27 Juli 2023
0 dilihat
Berantas Limbah Plastik di Pasarwajo Kabupaten Buton
Kelompok pembersihan yang memungut limbah plastik di sepanjang Jalan 25 hingga tugu aspal Kecamatan Pasarwajo, Buton. Foto: Febriyani/Telisik

" Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buton, merehabilitasi dan menata kembali lingkungan Kecamatan Pasarwajo sehingga bebas dari limbah plastik "

BUTON, TELISIK.ID - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buton, merehabilitasi dan menata kembali lingkungan Kecamatan Pasarwajo sehingga bebas dari limbah plastik.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Salmin menjelaskan, rehabilitasi itu merupakan salah satu program dari Penjabat (Pj) Bupati Buton, Basiran. Ia ingin Kecamatan Pasarwajo yang merupakan ibu kota Buton tertata rapi, serta bebas dari limbah plastik.

Dengan itu, akan menjadi contoh bagi kecamatan lain di seluruh Kabupaten Buton untuk melakukan hal yang sama.

"Sebenarnya ini menjadi perintah dari pak Pj, semenjak beliau datang langsung keliling. Melihat kondisi yang tidak tertata rapi, pak Pj Bupati Buton, Basiran langsung memerintahkan kami untuk memberantas sampah plastik dan menata lingkungan dengan baik," jelasnya, Kamis (27/7/2023).

Baca Juga: Mahasiswa Buton Ciptakan Busana Corak Ikan Mandarin di Teluk Pasarwajo

Hingga kini, Dinas Lingkungan Hidup terus memperdayakan anggota yang nantinya memberantas limbah plastik di Kecamatan Pasarwajo, dari area perkantoran Takawa hingga tugu aspal.

Bukan hanya limbah plastik yang perlu diberantas, tetapi penataan taman di sekitaran jalan di Pasarwajo, dan pemberantasan rumput liar yang mengganggu akses umum.

Olehnya itu, kelompok pembersihan tersebut terbagi menjadi beberapa bagian, ada yang bagian pertamanan penyapuan, dan perintisan.

Ketua koordinator kelompok pembersihan, La Same mengatakan, kegiatan bersih-bersih itu merupakan program dari Dinas Lingkungan Hidup.

Biasanya kegiatan bersih-bersih dilaksanakan setiap tiga kali dalam seminggu. Namun, jika ada kegiatan besar, dilaksanakan setiap hari.

"Ini karena menyambut 17 Agustus kami kerja setiap hari, bukan saja kelompok penyapuan tetapi ada yang dari pertamanan dan perintisan. Kami sama-sama membersihkan dan memungut limbah plastik.dan kami ini menyebar, ada yang di Jalan 25, dan di bagian perkotaan Pasarwajo," terangnya.

Baca Juga: Pengusulan Basiran Sebagai Pj Bupati Buton Hanya Didukung Satu Anggota DPRD

Kegiatan itu berdampak positif bagi lingkungan hidup, hingga semakin jarang dijumpai limbah plastik di sekitaran Kecamatan Pasarwajo, terutama area perkantoran Takawa, Jalan 25 hingga tugu aspal.

Selain itu, kegiatan itu juga memberikan lapangan pekerjaan bagi ibu-ibu setempat. Mengingat kelompok pembersihan tersebut didominasi ibu rumah tangga.

Seperti Wa Miani, salah satu anggota kelompok pembersihan tersebut. Dia bersyukur bisa ikut bergabung, meskipun usianya sudah tidak muda lagi, namun masih memiliki semangat kerja yang tinggi.

"Allhamdulillah dengan ini saya bisa punya pekerjaan. Untuk memenuhi kebutuhan hidup, meskipun harus panas-panasan itu sudah biasa. Namanya juga kita kerja tidak ada yang mudah," ungkapnya. (A)

Penulis: Febriyani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga