Berinovasi, DLHK Kendari Bakal Buat Koperasi Bank Sampah

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 22 Juni 2021
0 dilihat
Berinovasi, DLHK Kendari Bakal Buat Koperasi Bank Sampah
Sekdis DLHK Kendari, Arifin Rauf (kanan), saat menjelaskan tentang pengelolaan sampah. Foto: Ist.

" Volume sampah di Kota Kendari mencapai 260 ton per hari, sehingga harus menjadi fokus perhatian semua pihak, baik stokeholder maupun masyarakat itu sendiri. "

KENDARI, TELISIK.ID - Volume sampah di Kota Kendari mencapai 260 ton per hari, sehingga harus menjadi fokus perhatian semua pihak, baik stokeholder maupun masyarakat itu sendiri.

Melihat tumpukan sampah yang kian meningkatkan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kendari ke depannya bakal membuat Koperasi Bank Sampah.

Sekretaris DLHK Kendari, Arifin Rauf mengatakan, Pemkot bakal membuat mart atau kios yang dapat memenuhi kebutuhan pokok masyarakat dan akan dimulainya dari DLHK itu sendiri.

Dimana, kata dia, mart atau kios yang akan berupa Koperasi Bank Sampah ini nantinya akan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat.

Baca juga: Didampingi DLHK, PLN Kendari Kunjungi Bank Sampah Punggolaka

Baca juga: Lomba Desa dan Kelurahan se-Sultra 2021 Kembali Digelar, Pemprov Tekankan Perketat Prokes

”Kita (DLHK) ada 700-an honorer dan PNS, kalau belanjanya saja di Koperasi Bank Sampah, maka sudah bisa hidup Bank Sampah kita,” kata Arifin saat mendampingi pihak PLN Kendari ke Bank Sampah Punggolaka, Senin (21/6/2021).

Tak hanya menyediakan sembako, tambah dia, pihaknya juga bakal menyediakan voucher listrik yang dapat ditukarkan di Bank Sampah.

”Jadi sampahnya disetor, ditimbang, dikonversi lalu dibarter dengan sembako," beber Mantan Kabid Tata Lingkungan ini.

Bank Sampah Induk, tambah Arifin, hanya menjadi stimulan dalam pengurangan sampah. Sementara kegiatan pemanfaatan dan pengurangan sampah akan didorong ke kelurahan.

"Nanti diharapkan kegiatan pemanfaatan dan pengurangan sampah akan didorong ke kelurahan sebagai garda terdepan," pungkasnya. (B-Adv)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga