BLT dari Pemprov Rp 500 Ribu untuk Sebulan

Sunaryo, telisik indonesia
Minggu, 10 Mei 2020
0 dilihat
BLT dari Pemprov Rp 500 Ribu untuk Sebulan
Kadinsos Muna, La Kore mendampingi Bupati, LM Rusman Emba menyalurkan bantuan sembako. Foto: Naryo/Telisik

" Pemberian bantuannya hanya sebulan saja. "

MUNA, TELISIK.ID - Pemerintah sangat serius dalam menangani persoalan pandemi COVID-19. Sejumlah bantuan dari pusat hingga daerah pun digelontorkan untuk masyarakat terdampak.  

Selain Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD), Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH) juga ada BLT dari Pemerintah Provinsi (Pemprov).

La Kore, Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Muna menjelaskan, BLT dari Pemprov berbeda dengan Bansos yang ada. Bila BLT DD dan BST diberikan selama tiga bulan sebesar Rp 600 ribu perbulannya, maka BLT Pemprov hanya sebesar Rp 500 ribu.

"Pemberian bantuannya hanya sebulan saja," kata La Kore.  

Baca juga: Produk Anti Virus Berbahan Eucalyptus Dikembangkan untuk Tangkal COVID-19

Adapun jumlah penerima BLT Pemprov sebanyak 7.500 Kepala Keluarga (KK) yang tersebar di 22 kecamatan di Muna. Tentunya, penerima bantuan diprioritaskan bagi yang terpapar dan terdampak COVID-19.

"Para penerimanya yang belum pernah tersentuh bantuan," timpalnya.

Sementara untuk BST, hingga saat ini masih menunggu Petunjuk Teknis (Juknis) dari Kemensos. Hanya saja, jadwal penyalurannya belum ditahu kapan. Pasalnya, Kemensos masih memberi ruang untuk menginput data calon penerima.  

"Sampai hari ini, Kami masih diberi kesempatan melakukan penginputan data. Semuanya tergantung Kemensos nantinya," pungkasnya.

Reporter: Naryo

Editor: Rani

Baca Juga