BLT di Muna Disalurkan Setelah Anggaran Fisik Dicairkan

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 06 April 2022
0 dilihat
BLT di Muna Disalurkan Setelah Anggaran Fisik Dicairkan
Kadis PMD Muna, Rustam. Foto : Sunaryo/Telisik

" Bantuan langsung tunai (BLT) tahap pertama yang bersumber dari Dana Desa (DD) di Kabupaten Muna sampai saat ini belum juga dicairkan "

MUNA, TELISIK.ID - Bantuan langsung tunai (BLT) tahap pertama yang bersumber dari Dana Desa (DD) di Kabupaten Muna sampai saat ini belum juga dicairkan.

Hal tersebut sontak mendapat perhatian serius dari kalangan DPRD. Pasalnya, bantuan tersebut sangat dinanti-nantikan oleh masyarakat.

Anggota Komisi I DPRD Muna, La Sarima, sangat menyayangkan keterlambatan penyaluran BLT itu. Kata dia, sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 104 Tahun 2021 tentang rincian APBN tahun 2022, disebutkan penggunaan DD minimal 40 persen untuk program perlindungan sosial berupa BLT. Penyaluran BLT itu pun harus dilakukan secara bertahap.

"Informasi yang kami dapat, penyaluran BLT itu terlambat, karena belum adanya peraturan bupati (Perbup). Karenanya, kami mendesak agar segera disalurkan, mengingat, bantuan itu sangat dibutuhkan masyarakat," kata Sarima, Rabu (6/4/2022).

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Muna, Rustam mengakui keterlambatan penyaluran BLT tahap pertama itu. Namun, menurutnya keterlambatan itu bukan karena terlambatnya Perbup, tetapi akibat adanya perubahan mekanisme dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Raha.

Baca Juga: 421 Rumah Tidak Layak Huni di Mubar Segera Direnovasi

"Aplikasinya berubah ke Omspan, sehingga untuk penyalurannya, nanti setelah anggaran fisik dicairkan," ungkapnya.

Masalah lain dikarenakan ada kaitannya dengan penyaluran BLT tahun 2021. Di mana, penerima banyak yang tidak masuk dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) yang membuat jumlah penerima manfaat di desa berkurang. Ada yang tinggal 10 hingga 15 orang. Karena itu, ia telah mengintruksikan pada seluruh Pj kepala desa (Kades) agar mendata seluruh masyarakat miskinnya untuk dimasukan sebagai calon penerima BLT.

"Setelah bantuannya cair, nanti Kita sikapi melalui musyawarah desa khusus (Musdesus)," terangnya.

Baca Juga: Belum Diaudit, Bupati Konsel Serahkan LKPJ 2021 ke DPRD

Mantan Plt Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) itu berharap masyarakat penerima bantuan bersabar. Prinsipnya, bantuan itu dalam waktu dekat akan disalurkan.

"Insya Allah sebelum lebaran, dananya sudah disalurkan," janjinya. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Kardin

Baca Juga