Bombana Diterpa Banjir hingga Longsor, Pemda Dinilai Lambat Tanggap Bencana Alam

Hir Abrianto, telisik indonesia
Rabu, 08 Desember 2021
0 dilihat
Bombana Diterpa Banjir hingga Longsor, Pemda Dinilai Lambat Tanggap Bencana Alam
Jalan menuju Desa Wisata Tangkeno amblas. Foto: Admin Sepurat Kabaena

" Kejadian alam seperti banjir, longsor hingga angin kencang menerpa Kabupaten Bombana "

BOMBANA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten Bomban dinilai lamban menanggapi bencana alam, yang beberapa hari ini menggerogoti warga.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bombana, Iskandar. Menurutnya, banjir dan tanah longsor sudah disaksikan sejak beberapa hari terakhir ini, mestinya pemerintah daerah (Pemda) sudah harus tanggap dengan cepat.

"Banjir dan tanah longsor dimana-mana, Pemda sudah mestinya sudah lakukan apel siaga, menyediakan sarana siaga bencana sehingga saat kejadian tidak tunggu lagi surat laporan dari pemerintah tempat kejadian," kata Iskandar saat ditemui, Rabu (8/12/2021).

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bombana menerangkan bahwa jika ada kejadian alam seperti banjir, longsor dan akibat angin kencang maka pihaknya akan menunggu laporan dari pemerintah desa, keluharan atau kecamatan untuk diajukan kepada Bupati Bombana.

Menanggapi hal itu, Ketua KNPI Kabupaten Bombana, Arham menuntut kepada Pemda Bombana, khususnya BPBD untuk menjadi pejabat yang sadar dan peka terhadap bencana.

Arham menilai, sikap menunggu pelaporan jika terjadi bencana adalah cara yang sangat konfensional dan akan menyebabkan lambatnya dalam penanganan terhadap bencana yang dihadapi masyarakat.

Baca Juga: Cuaca Ekstrim, Kapolres Bombana: Selalu Waspada dan Update Informasi BMKG

"BPBD itu badan penanggunlangan bencana, mestinya karena sudah ada titik-titik yang diketahui rawan banjir dan longsor, maka sudah tidak perlu lagi tunggu-tunggu laporan dan desa atau kelurahan," ujarnya.

"Harus sadar dan peka terhadap bencana, jadi ketika musim hujan tiba sudah harus siap siaga dengan sarana yang lengkap," tambahnya.

Baca Juga: Hindari Kecurangan, Mesin SPBU Ditera Ulang

Dari pantauan Telisik.id, saat ini wilayah Bombana masih terus diguyur hujan disertai angin kencang. masyarakat diminta untuk tetap waspada saat bepergian guna menghindari korban jiwa berjatuhan. (B)

Reporter: Hir Abrianto

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga