adplus-dvertising

Buruan, 5 BLT Ini Masih Cair Desember 2021

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 02 Desember 2021
503 dilihat
Buruan, 5 BLT Ini Masih Cair Desember 2021
Seorang warga usai pencairan BLT. Foto: Repro iNews.id

" Pemerintah ternyata masih menyalurkan sejumlah bantuan langsung tunai atau BLT hingga akhir tahun ini, Desember 2021 "

JAKARTA, TELISIK.ID - Pemerintah ternyata masih menyalurkan sejumlah bantuan langsung tunai atau BLT hingga akhir tahun ini, Desember 2021.

Mengutip tempo.co, Bantuan Langsung Tunai (BLT) adalah bantuan yang berasal dari alokasi dana desa pada Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APB Desa) yang akan diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat.

Di mana, masyarakat yang mendapatkan BLT tersebut adalah mereka yang kehilangan mata pencaharian karena pandemi virus corona atau COVID-19, atau yang terkena dampaknya dari sisi perekonomiannya.


Beberapa BLT merupakan program bantuan sosial reguler yang ditanggung oleh Kemensos. Sementara itu, BLT yang lain masih berkaitan dengan kebutuhan pokok masyarakat.

Melansir Suara.com - jaringan Telisik.id, berikut ini lima BLT yang cari Desember 2021:

Baca Juga: Catat, Begini Cara Dapat Diskon Tarif Listrik Desember 2021

1. Diskon Listrik PLN

Program stimulus listrik diperpanjang hingga Desember 2021. Hal ini disampaikan langsung oleh PT PLN Persero melalui akun Twitter resminya @pln_123 pada 16 Oktober 2021 lalu. Program ini rencananya diberikan untuk pelanggan rumah tangga, usaha mikro, kecil & menengah (UMKM) dengan besaran tertentu.

2. BLT UMKM

BLT yang cari Desember 2021 yang kedua adalah BLT UMKM. Ini merupakan bantuan yang diberikan pemerintah untuk UMKM kecil atau mikro yang terdampak pandemi COVID-19. Bantuan yang akan diterima oleh setiap UMKM ialah Rp 1,2 juta.

Untuk mengetahui apakah UMKM Anda berhasil lolos dan menerima BLT, Anda bisa mengecek daftar penerima di BLT UMKM Bank BRI melalui eform.bri.co.id/bpum dengan memasukkan nomor KTP atau NIK.

Selain mengecek daftar penerima BPUM dan BLT UMKM secara online, bagi penerima BPUM atau BLT UMKM akan diberitahukan melalui SMS oleh bank penyalur.

Setelah menerima SMS, maka Anda harus segera memverifikasi pemberitahuan tersebut ke bank penyalur agar batuan bisa segera dicairkan.

3. Program Keluarga Harapan (PKH)

BLT yang cari Desember 2021 berikutnya adalah PKH. Bantuan PKH merupakan bantuan bersyarat bagi keluarga yang memenuhi satu atau lebih dari komponen kesehatan untuk kategori ibu hamil dan anak balita. Bantuan ini diberikan bagi keluarga yang terdampak COVID-19.

Baca Juga: Berikut Syarat Naik Pesawat Periode Nataru Wilayah Indonesia

Sesuai informasi yang tercantum dalam laman PKH Kementerian Sosial, bantuan ini disalurkan kepada masyarakat setiap tiga bulan sekali dalam empat tahap yang dilakukan melalui Himpunan Bank Negara (Himbara) yakni BNI, BRI, Bank Mandiri, dan BTN.

4. Kartu Sembako

Pemerintah kembali memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19 berupa bantuan pangan non-tunai (BPNT) atau dikenal sebagai bansos sembako.

BPNT diberikan pemerintah untuk membantu masyarakat miskin memenuhi kebutuhan pangan selama pandemi COVID-19.

Masyarakat yang mendapat bantuan tersebut adalah setiap yang terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

5. BLT Dana Desa

Sesuai dengan namanya, penyaluran bantuan ini dikelola oleh Kementerian Desa (Kemendesa). Nominal BLT Dana Desa yakni Rp 300 juta per KPM. Daftar penerima BLT Dana Desa dapat diketahui melalui situs resmi https://sid.kemendesa.go.id/.  (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga