Buton Tengah Akhirnya Punya Polres Sendiri Setelah 8 Tahun Mekar

Mutarfin, telisik indonesia
Kamis, 26 Januari 2023
0 dilihat
Buton Tengah Akhirnya Punya Polres Sendiri Setelah 8 Tahun Mekar
Pengukuhan Polres Buton Tengah oleh Kapolda Sulawesi Sulawesi Tenggara, berlokasi di Kelurahan Watulea, Kecamatan Gu. Foto: Mutarfin/Telisik

" Setelah terbentuknya Kabupaten Buton Tengah sebagai daerah otonomi baru sekitar 8 tahun lalu, akhirnya memiliki Polres sendiri yang sebelumnya masih berinduk di Polres Kota Baubau "

BUTON TENGAH, TELISIK.ID - Setelah terbentuknya Kabupaten Buton Tengah sebagai daerah otonomi baru sekitar 8 tahun lalu, akhirnya memiliki Polres sendiri yang sebelumnya masih berinduk di Polres Kota Baubau.

Pelaksanaan pengukuhan itu langsung dipimpin oleh Kapolda Sulawesi Tenggara, Irjen Pol Teguh Pristiwanto berlokasi di Kelurahan Watule, Kecamatan GU.

Pada kesempatan itu, Irjen Pol Teguh Pristiwanto mengatakan, pembentukan Polres Buton Tengah merupakan upaya Polri khususnya Polda Sulawesi Tenggara untuk menjawab tantangan tugas yang semakin kompleks, sekaligus upaya peningkatan pelayanan kepolisian kepada masyarakat di Buton Tengah guna terselenggaranya pembangunan nasional dan daerah.

Baca Juga: Gubernur Ali Mazi Didesak Cabut IUP PT Mineral Citra Sejahtera Dinilai Bahayakan Cagar Budaya Buton Tengah

"Ucapan terima kasih kepada Pemkab Buton Tengah dan semua pihak yang memberikan dukungan sehingga Polres Buton Tengah dapat beroperasional," ucap Kapolda, Kamis (26/1/2023).

Kapolda Sulawesi Tenggara berharap dengan dikukuhkannya Polres Buton Tengah,  kepada seluruh personel agar lebih meningkatkan peran dan fungsinya di masyarakat sebagai pemelihara kamtibmas, penegak hukum, pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

"Saya mengingatkan juga, tugas satuan Polres tidaklah muda. Saudara diberikan amanah untuk menjaga stabilitas kamtibmas di wilayah yang sangat luas," jelasnya.

Pengukuhan itu berdasarkan Keputusan Kapolri Nomor KEP/1146/VIII/2022 tertanggal 30 Agustus 2022 tentang pembentukan Polres Buton Tengah oleh Kapolda Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: Buton Tengah Gaet Investor Jerman Budidaya Udang Vename

Sementara itu, seorang masyarakat Kecamatan Mawasangka, Lutfin menyatakan, adanya Polres Buton Tengah bisa memberikan wajah baru, dengan lebih meningkatnya keamanan.

"Ini adalah kabar baik untuk kita, sebagaimana kita tau, selama berdirinya Kabupaten Buton Tengah baru sekarang kita pempunyai polres sendiri," ucap Lutfin.

Turut hadir pada kegiatan itu Penjabat (Pj) Bupati Buton Tengah, Muhammad Yusup, Forkopimda, para pejabat Polda Sulawesi Tenggara, Dandim 1413 Buton, Ketua DPRD Buton Tengah, Kapolres Baubau, kepala OPD lingkup Pemkab Buton Tengah dan tokoh masyarakat. (B)

Penulis: Mutarfin

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga