Cara Edit Pesan WhatsApp yang Sudah Terkirim

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 24 Mei 2023
0 dilihat
Cara Edit Pesan WhatsApp yang Sudah Terkirim
WhatsApp memungkinkan pengguna mengedit pesan yang sudah terlanjur dikirim. Namun, WhatsApp membatasi pesan yang tidak lebih dari 15 menit setelah dikirim. Foto: Repro Kompas.com

" Kini WhatsApp telah merilis fitur yang memungkinkan pengguna mengedit pesan yang sudah terlanjur dikirim "

JAKARTA, TELISIK.ID - Aplikasi WhatsApp makin banyak digunakan untuk berkirim pesan. Karena terburu-buru, terkadang kita salah ketik alias typo, sehingga kita terpaksa mengirim ulang revisinya, dan tentunya sedikut merepotkan.

Namun kini WhatsApp telah merilis fitur yang memungkinkan pengguna mengedit pesan yang sudah terlanjur dikirim.

Kehadiran fitur edit pesan ini sejatinya sudah diumumkan tahun lalu, namun tak jua hadir, hingga beberapa pekan lalu fitur tersebut muncul di WhatsApp versi Beta seperti dikutip dari Detik.com.

Hanya saja tidak semua pesan yang sudah dikirim dapat diedit. WhatsApp membatasi pesan yang tidak lebih dari 15 menit setelah dikirim.

Baca Juga: Fitur dan Keamanan Data WhatsApp dan Telegram bagi Pengguna

WhatsApp juga mengatakan bahwa mengedit pesan tidak akan mengirimkan notifikasi obrolan baru. Namun pesan yang diedit akan ditandai dengan tulisan 'diedit'.

Sehingga orang-orang yang menerima pesan dapat langsung mengetahui bahwa pesan tersebut telah dikoreksi tanpa perlu menunjukkan riwayat pengeditan. Selain itu, fitur edit ini hanya tersedia untuk pesan teks biasa. Jadi tidak bisa digunakan pada pesan untuk foto, video, atau jenis media lainnya.

Mengutip Cnnindonesia.com, caranya adalah dengan mengetuk atau tap dan tahan pesan atau chat yang ingin diedit. Lalu, pilih ikon tiga titik di sudut kanan atas, dan pilih 'Edit' akan terlihat simbol 'edited' bagi pesan yang sudah disunting.

Baca Juga: WhatsApp Luncurkan Fitur Terbaru Bisa Dipakai di 4 Ponsel Sekaligus

Kendati begitu, pengguna WhatsApp hanya bisa mengubah chat dalam waktu kurang dari 15 menit setelah pengiriman. Ini jauh lebih singkat dibandingkan fitur edit pesan di Telegram yang mencapai 48 jam setelah dikirim.

Fitur beta ini tak tersedia di semua versi Android akan menerima pembaruan tersebut. Paling tidak, ponsel pengguna harus memiliki Android versi 2.22.22.14.

WhatsApp sendiri belum mengumumkan kapan fitur ini akan rilis. Mereka masih mengembangkan fitur tersebut dalam versi ujicoba beta, dan akan diperbarui untuk versi Android dan iOS. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga