Dokter Zaidul Akbar: Tempe Obat Maag Terbaik

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Sabtu, 26 Agustus 2023
0 dilihat
Dokter Zaidul Akbar: Tempe Obat Maag Terbaik
Tempe sering dijadikan sebagai makanan pengganti daging karena di dalamnya mengandung protein yang cukup tinggi. Selain itu, tempe juga baik untuk penderita maag. Foto: Repro promag.id

" Tempe baik untuk penderita maag karena memberikan kenyamanan pada lambung. Protein yang ada pada tempe mengandung senyawa anti inflamasi atau anti peradangan "

KENDARI, TELISIK.ID - Tempe salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia karena harganya terjangkau dan bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan. Tempe terbuat dari fermentasi kacang kedelai dengan kandungan nutrisi yang melimpah, sehingga ada banyak manfaat tempe untuk kesehatan.

Tempe sering dijadikan sebagai makanan pengganti daging karena di dalamnya mengandung protein yang cukup tinggi. Selain itu, tempe juga baik untuk penderita maag.

Penyakit maag disebabkan adanya bakteri helicobacter pylori yang dapat merusak sel jaringan mukus lambung. Pola makan yang kurang baik dan tidak teratur jadi pemicu sakit maag yang dapat menyebabkan penyakit lambung kronis.

Dilansir dari CNN Indonesia.com, tempe baik untuk penderita maag karena memberikan kenyamanan pada lambung. Protein yang ada pada tempe mengandung senyawa anti inflamasi (anti peradangan).

Baca Juga: Intip Pilihan Sayur, Cocok untuk Penderita Asam Lambung

Protein ini sangat baik karena dapat langsung dicerna oleh tubuh. Tubuh tak perlu lagi mencerna protein ini karena sebelumnya sudah tercerna oleh kapang atau jamur yang terdapat pada tempe.

Secara teori, protein dalam tempe bisa saja menangkap bakteri helicobacter pylori, dan tempe juga bermanfaat untuk memperbaiki saluran pencernaan.

“Makan tempe lebih baik mentah, itu obat maag terbaik karena dia probiotik hasil fermentasi. Tempe dibikin sandwich, tempe diiris tipis terus tengahnya dikasih kurma, itu obat maag,” ujar dr. Zaidul Akbar melalui video unggahannya di Instagram miliknya.

Baca Juga: Kulit Glowing Tanpa Skincare Ala Dokter Zaidul Akbar, Cukup Konsumsi Ini

Ia menjelaskan, bukan hanya obat maag, tapi banyak sekali masalah pencernaan yang menjadi masalah besar dalam tubuh kita, bisa selesai dengan makan tempe mentah seperti itu. Selain itu, minum air jahe, air madu atau air jeruk nipis lalu makan tempe, energinya luar biasa.  

Sementara itu, dilansir dari mediaindonesia.com, Kepala Instalasi Gizi dan Produksi Makanan RSUPN, dr Cipto Mangunkusumo, Fitri Hudayani mengatakan, cara terbaik mengolah tempe agar nutrisinya tidak hilang adalah dengan ditumis atau direbus.

Menurut Fitri, tempe memiliki kandungan gizi mulai dari protein, karbohidrat, serta sumber lemak baik, yang bermanfaat sebagai sumber energi. Tempe juga mengandung vitamin, mineral, hingga serat larut air, yang baik untuk menjaga saluran cerna. (C)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga