Ciptakan Keluarga Sejahtera, BPPKB Muna Barat Sasar Kampung KB

Putri Wulandari, telisik indonesia
Rabu, 03 Agustus 2022
0 dilihat
Ciptakan Keluarga Sejahtera, BPPKB Muna Barat Sasar Kampung KB
Ketgam: Penyaluran bantuan dari provinsi untuk BPPKB Muna Barat dalam meningkatkan pendapatan usaha keluarga di Kampung KB. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Dalam meningkatkan keluarga berkualitas di 11 Kampung KB, Badan Perlindungan Penduduk dan Keluarga Berencana (BPPKB) Muna Barat beri bantuan kepada kelompok kegiatan (Poktan) "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Dalam meningkatkan keluarga berkualitas di 11 Kampung KB, Badan Perlindungan Penduduk dan Keluarga Berencana (BPPKB) Muna Barat beri bantuan kepada kelompok kegiatan (Poktan).

Kepala BPPKB Muna Barat, La Ode Andi Muna menuturkan, bantuan ini pengadaannya dari provinsi yang disalurkan bagi kelompok yang telah terbentuk di beberapa 11 kampung KB sesuai permintaan kelompok tersebut, dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan usaha keluarga.

"Saat ini disalurkan pada kelompok kampung KB di Desa Waulai, semoga ke depannya bisa bertambah lagi, artinya kita cek di kampung KB lainnya untuk disalurkan bantuan usaha yang mereka butuhkan," tuturnya, Rabu (3/8/2022).

Sehingga nantinya dalam merealisasikan bantuan bagi Kampung KB lainnya, pihaknya akan survei ke lapangan untuk komunikasi tentang pengadaan bantuan usaha yang diinginkan oleh Poktan yang ada.

"Kita juga akan programkan pelatihan berkaitan dengan peningkatan usaha untuk mewujudkan keluarga berkualitas," pungkasnya.

Sejalan dengan itu, Kepala Bidang Keluarga Berencana, Wa Ode Sitti Amzia, manyampaikan, bentuk peningkatan pendapatan keluarga sejahtera dituangkan dalam bentuk bantuan berupa alat atau barang, sebab dalam Kampung KB ada kelompok kegiatan, seperti pengrajin tenun, pembuat roti, dan lainnya.

Baca Juga: Proyeksi APBD Konawe Capai Rp 2,2 Triliun Tahun 2023, Sekda Konawe Ungkap Alasannya

"Bantuan itu bukan berupa uang, tetapi alat untuk Poktan di kampung KB, sehingga bantuan dari provinsi yaitu hasil dari proposal poktan," ungkapnya.

Bantuan yang diberikan dari provinsi di tahun 2022 berupa mesin jahit, kompor gas, benang jarum, tempat kue, sama halnya dengan bantuan di tahun 2021 untuk kelompok Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (PPKS) berupa kompor gas dan oven untuk kelompok pembuat roti.

"Di Desa Waulai itu sendiri terdapat beberapa kelompok, selain pengrajin tenun, pembuat roti, penjahit," pungkasnya.

Baca Juga: Tak Teken Ijazah Siswa, Mantan Kasek SMA 1 Kontunaga Diadukan ke Polisi

Amzia menyampaikan, bantuan ini dianggarkan dari provinsi sesuai proposal yang diajukan oleh 11 Kampung KB, yang nantinya akan diakomodir untuk seluruh Kampung KB di Muna Barat.

Sehingga harapan BPPKB Muna Barat agar kedepannya bantuan dari provinsi ini dapat tersalurkan bagi Poktan-Poktan yang ada di wilayah Kampung KB lainnya, demi menjaga ketahanan keluarga dapat terpenuhi untuk menciptakan keluarga sejahtera.

"Di BKKBN bukan hanya berbicara pil, kondom, tetapi saat ini berbicara konsep keluarga utamanya dalam ketahanan ekonomi melalui poktan yang ada," tutupnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga