Cuaca Ekstrem Diprediksi Landa Jawa Timur Pekan Depan

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Minggu, 29 Januari 2023
0 dilihat
Cuaca Ekstrem Diprediksi Landa Jawa Timur Pekan Depan
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mewarning warganya untuk waspada cuaca ekstrem, di mana saat ini puncak musim hujan. Foto: Ist.

" Warga Jawa Timut diminta waspada mengingat potensi bencana hidrometeorologi sepekan ke depan "

SURABAYA, TELISIK.ID - Warga Jawa Timut diminta waspada mengingat potensi bencana hidrometeorologi sepekan ke depan.

Hal ini merujuk prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda yang menyebutkan potensi peningkatan cuaca ekstrem yang akan melanda beberapa wilayah di Jawa Timur dalam kurun waktu 27 Januari hingga 2 Februari 2023.

Potensi cuaca ekstrem yang disebabkan oleh aktifnya La Nina, gelombang Rossby, dan gelombang Kelvin di wilayah Jawa Timur dapat meningkatkan potensi terjadinya bencana hidrometeorologi seperti genangan air, banjir, banjir bandang, puting beliung, hujan es, maupun tanah longsor di wilayah dataran tinggi.

"Berdasarkan peringatan dini dari BMKG tersebut, kami mengimbau agar masyarakat selalu waspada terhadap potensi cuaca ekstrem dan bencana hidrometeorologi. Selain itu pemerintah kabupaten/kota juga diimbau untuk menyiapkan langkah-langkah mitigasi yang diperlukan," ujar Gubernur Khofifah di Surabaya, Minggu (29/1/2023).

Baca Juga: Cuaca Ekstrem di Kolaka Timur Robohkan 6 Rumah

Mantan Mensos ini mengatakan, berdasarkan analisis iklim yang dilakukan oleh BMKG diketahui adanya pola tekanan rendah di Australia bagian Barat yang mengakibatkan terbentuknya konvergensi atau pertemuan angin di wilayah Jawa Timur.

“Hal ini meningkatkan potensi pertumbuhan awan-awan konvektif,” jelasnya.

Baca Juga: Camat di Manggarai Diminta Siaga Cuaca Ekstrem dan Perhatikan 5 Hal Ini

Kepala Stasiun BMKG Juanda, Taufiq Hermawan mengatakan, cuaca ekstrem berpotensi melanda beberapa wilayah Jawa Timur dalam satu pekan ke depan.

Taufiq mengatakan aktifnya La Nina, gelombang Rossby dan gelombang Kelvin di beberapa wilayah Jawa Timur juga menimbulkan potensi cuaca ekstrem yang patut diwaspadai.

"Yang patut diwaspadai berpotensi terjadi bencana hidrometeorologi. Berupa genangan air, banjir, banjir bandang, puting beliung, hujan es maupun tanah longsor untuk wilayah dataran tinggi," katanya. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga