Curhat Pedagang di Buton Selatan Enggan Jual Cabai Kiloan, Khawatir Tidak Laku

Ali Iskandar Majid, telisik indonesia
Selasa, 02 Januari 2024
0 dilihat
Curhat Pedagang di Buton Selatan Enggan Jual Cabai Kiloan, Khawatir Tidak Laku
Suasana aktivitas para pedagang di Pasar Laompo, Batauga, Buton Selatan. Foto: Ali Iskandar Majid/Telisik.id

" Pedagang pasar di Buton Selatan enggan menjual cabai dengan sistem kiloan di awal tahun 2024 "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Pedagang pasar di Buton Selatan enggan menjual cabai dengan sistem kiloan di awal tahun 2024.

Alasan para pedagang pasar di Buton Selatan enggan menjual komoditas cabai dengan kiloan, mereka khawatir banyak pembeli yang mengeluhkan harga cabai yang kian mahal dan berpikir berulang kali untuk membeli cabai dengan tersebut.

Pedagang pasar Mambulu, Buton Selatan, Wa Ode Aisyah mengatakan, masyarakat lebih suka membeli cabai dengan sistem ukuran liter yang dirasa cukup untuk memenuhi kebutuhan di dapur, terlebih rata-rata pembeli berasal dari para penjual gorengan.

"Masyarakat lebih sering membeli cabai yang diukur pakai literan, rata-rata pembeli dari kalangan penjual gorengan yang membeli cabai untuk diolah menjadi sambal," ungkap Wa Ode Aisyah, Selasa (2/1/2024).

Baca Juga: Pedagang Merasa Diasingkan di Daerah Sendiri, DPRD Kota Kendari Tegur Pemkot Jangan Asal Gusur

Sementara itu, tidak jauh berbeda dengan yang diungkapkan oleh pedagang pasar di Laompo, Dewi. Ia mengungkapkan, kendati harga jual cabai di Buton Selatan tidak mengalami kenaikan secara drastis, namun dirinya tetap memilih berjualan dengan sistem literan.

Bahkan tak jarang ia mensiasati penjualan cabai dengan ditumpuk-tumpuk (kumpulan kecil jumlah caba), dibandrol dengan harga Rp 5.000 agar cabai tetap laku terjual.

Baca Juga: Pasar Murah Tak Efisien Turunkan Inflasi di Muna Barat, BPS Muna: Subsidi Harga ke Pedagang

"Meskipun disini tidak terkena dampak kenaikan cabai tapi kami tetap menjual cabai dengan sistem perliter atau bahkan bertumpuk dengan harga Rp 5.000, karena kalau langsung tembak perkilo Rp 150.000 siapa yang mau beli," ujar Dewi saat ditemui di lapak dagangannya.

Para pedagang pasar tradisional di Buton Selatan tetap memantau harga jual cabai dari para pemasok yang ada di Kota Baubau. (B)

Penulis: Ali Iskandar Majid

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga