Dampak Perubahan Iklim Sebabkan Persilangan Alami Beruang

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 18 November 2022
0 dilihat
Dampak Perubahan Iklim Sebabkan Persilangan Alami Beruang
Dampak perubahan iklim rupanya ikut berpengaruh pada jenis beruang. Salah satunya terjadi pada beruang grolar merupakan persilangan alami antara beruang coklat (grizzly) dan beruang kutub. Foto: Repro Sindonews.com

" Melelehnya lapisan es di kutub utara membuat beruang kutub migrasi ke habitat beruang cokelat (grizzly). Akibatnya, terjadi persilangan alami antara kedua jenis beruang itu "

KENDARI, TELISIK.ID - Beruang merupakan binatang kelas mamalia yang tergolong ordo carnivora. Beruang hidup di berbagai jenis tempat, tergantung dari jenisnya.

Dampak perubahan iklim rupanya ikut berpengaruh pada jenis beruang itu sendiri. Salah satunya terjadi pada beruang grolar yang merupakan persilangan alami antara beruang cokelat (grizzly) dan beruang kutub.

Dilansir dari Bobo.id, melelehnya lapisan es di kutub utara membuat beruang kutub migrasi ke habitat beruang cokelat (grizzly). Akibatnya, terjadi persilangan alami antara kedua jenis beruang itu.

Mengutip Sindonews.com, Dr Innokentiy Okhlopkov, ahli biologi di Cabang Siberia dari Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia (SBRAS) mengatakan, peningkatan prevalensi beruang grolar yang terjadi akibat perubahan iklim yang memanas membuat beruang cokelat dapat menjelajah lebih jauh ke utara untuk berburu.

Baca Juga: Torehkan Banyak Prestasi, Tita Muchlisha Jadi Wisudawan Terbaik IAIN Kendari dengan IPK 3,95

Kedua spesies beruang cokelat dan beruang kutub tersebut bertemu satu sama lain saat habitat mereka tumpang tindih. Akibatnya, beruang itu melahirkan anak hibrida (beruang grolar), yang pertama kali terlihat di alam liar pada 2006.

Menurut Institute of Permafrost Studies di SBRAS, suhu udara tahunan rata-rata di Yakutia telah meningkat sebesar 1,1 hingga 3,4 derajat celcius dalam 50 tahun terakhir. Sebagai hasil dari medan yang berubah, beruang kutub diketahui mencari jalan ke pedalaman untuk mencari lebih banyak makanan.

Baca Juga: Deretan Fakta ATM yang Jarang Diketahui

Dikutip dari Asumsi.co, 8 beruang pizzly telah diidentifikasi di alam liar dan pada 2017. Para peneliti telah menentukan bahwa semuanya berasal dari satu beruang kutub betina yang telah kawin dengan dua beruang grizzly yang berbeda. Namun, tidak diketahui berapa banyak beruang hibrida yang mungkin benar-benar ada. 

Larissa DeSantis, seorang ahli Paleontologi dan Profesor di Vanderbilt University di Tennessee, mengatakan bahwa perubahan iklim “jelas memainkan peran” perkawinan silang beruang. DeSantis mempelajari kebiasaan makan beruang dan bagaimana krisis iklim memengaruhi mereka. 

“Kami perlu mempelajari efek hibridisasi pada beruang-beruang ini,” kata De Santis dikutip dari Asumsi.co. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga