Dapat Adipura ke-8, Pj Bupati Kirab Bareng Warga Kolaka Utara

Muh. Risal H, telisik indonesia
Selasa, 19 Maret 2024
0 dilihat
Dapat Adipura ke-8, Pj Bupati Kirab Bareng Warga Kolaka Utara
Pj Bupati Kolaka Utara, Sukanto Toding (di atas mobil) bersama rombongan kirab Adipura tiba di Taman Literasi Lasusua. Foto: Muh Risal H/Telisik

" Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara kembali mendapatkan penghargaan Adipura kategori kota kecil untuk yang ke-8 kalinya "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara kembali mendapatkan penghargaan Adipura kategori kota kecil untuk yang ke-8 kalinya tahun ini.

Atas capaian itu, Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara, Sukanto Toding bareng ribuan warga Kolaka Utara, pasukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), dan Organisasi Prangkat Daerah menggelar kirab Adipura dari Desa Rantelimbong diarak menyusuri jalan protokol Ibu Kota Lasusua hingga finish di Taman Literasi.

Giat seremonial ini dilakukan sebagai wujud syukur usai berhasil mempertahankan tropi yang disematkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bagi daerah yang dapat menjaga kebersihan lingkungan dan tata kota secara berkelanjutan.

Usai pimpin kirab Adipura, di hadapkan Forkopimda, Kepala OPD, pasukan orange DLH, dan warga Kolaka Utara, Pj Bupati Kolaka Utara menyampaikan rasa syukur serta mengapresiasi kinerja DLH bersama pasukan orange-nya atas keras mereka dalam menjaga kebersihan dan keindahan Kota Lasusua.

Alumnus Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian, Institut Pertanian Bogor (IPB) tahun 1992 ini turut mengapresiasi kontribusi para pemimpin sebelumnya, dukungan dari instansi pemerintahan, dan masyarakat Kolaka Utara secara umum.

Baca Juga: Pemkab Kolaka Utara Raih Adipura Kategori Kota Kecil ke-8 Kali

"Keberhasilan ini tidak lepas dari hasil kerja keras dan dedikasi para pendahulu," ujarnya, Senin (18/3/2024).

Melalui kesempatan ini, Sukanto Toding menekankan pentingnya menjaga keindahan dan kelestarian alam baik pegunungan maupun laut yang membentang di Kabupaten Kolaka Utara serta ruang terbuka hijau yang masih banyak dimanfaatkan masyarakat.

Pj Bupati Kolaka Utara, Sukanto Toding, memberikan reward kepada pasukan orange Dinas Lingkungan Hidup Kolaka Utara. Foto: Diskominfo Kolaka Utara

 

Selanjutnya Pj Bupati memberikan reward kepada para petugas kebersihan DLH berupa dana sebagai bentuk apresiasi atas komitmen mereka menjaga kebersihan lingkungan.

"Reward ini jangan dilihat dari nilainya, tetapi lebih kepada bentuk apresiasi dan ucapan terima kasih pemerintah daerah atas kerja keras tenaga kebersihan," pesan dia.

Ketua DPRD Kolaka Utara diwakili Akhiruddin mengangkat tropi Adipura usai diserahkan oleh Pj Bupati Kolaka Utara. Foto: Diskominfo Kolaka Utara

 

Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Provinsi Sulawesi Tenggara ini berharap ke depan Adipura dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan menjadi Adipura Kencana. Menurutnya, meraih Adipura bukan hal mudah, butuh kerja keras dan keseriusan pemerintah daerah dan semua stakeholder.

Baca Juga: Pemkab Kolaka Utara Raih Adipura Kategori Kota Kecil ke-6 Kalinya

Penerimaan Adipura harus menjadi momentum bagi semua lapisan masyarakat untuk terus meningkatkan kesadaran tentang kebersihan lingkungan dan kepedulian terhadap alam sekitar.

"Sampai saat ini baru tiga kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara yang mendapatkan Adipura, ini menandakan mendapatkan Adipura bukan hal mudah," tukasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kolaka Utara diwakili Akhiruddin berharap tropi Adipura yang telah diraih dapat dipertahankan dan berlanjut di tahun-tahun berikutnya. Politisi PPP juga mengapresiasi kinerja pemerintah sebelumnya dan kerja keras DLH Kolaka Utara menjaga kebersihan lingkungan dan kota Lasusua. (B-Info)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga