adplus-dvertising

Demo 11 April, Begini Pengalihan Arus Lalu Lintas di Sekitar Istana Negara dan DPR

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 11 April 2022
845 dilihat
Demo 11 April, Begini Pengalihan Arus Lalu Lintas di Sekitar Istana Negara dan DPR
Demo mahasiswa memadati ruas jalan di area depan kompleks parlemen, Senayan, Jakarta. Foto: Repro kompas.com

" Aksi massa yang digelar hari ini diperkirakan bakal membuat arus lalu lintas di beberapa jalan utama ibu kota bakal terhambat "

JAKARTA, TELISIK.ID - Mahasiswa dari berbagai kampus melakukan aksi besar - besaran, terutama yang ada di ibu kota Jakarta, Senin (11/4/2022).

Melansir Suara.com - jaringan Telisik.id, aksi massa yang digelar hari ini diperkirakan bakal membuat arus lalu lintas di beberapa jalan utama ibu kota bakal terhambat.

Sebelum aksi demonstrasi dimulai, aparat kepolisian akan melakukan rekayasa lalu lintas.


Rekayasa lalu lintas tersebut akan dimulai pukul 08.30 WIB dengan menutup sejumlah ruas jalan yang mengarah ke Istana Negara di kawasan Monas Jakarta Pusat. 

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, salah satunya di Jalan Medan Merdeka Barat.

"Jalan Medan Merdeka Barat akan ditutup pukul 08.30 WIB karena akan dipasang security barrier/pagar kawat dan juga water barrier di kedua arah. Arus lalu lintas akan dialihkn ke Jalan Merdeka Selatan dan Budi Kemuliaan. Demikian juga Harmoni arah ke Istana akan kita tutup," kata Sambodo kepada wartawan, dikutip Suara.com, Minggu (10/4/2022).

Tak hanya di Istana Negara, pihaknya juga menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar Gedung DPR RI.

Rekayasa lalu lintas tersebut, dijelaskan Sambodo, berada di sekitar lokasi kompleks gedung parlemen dan bersifat situasional. 

"Untuk di DPR/MPR sifatnya situasional melihat perkembangan massa. Bila massa cukup banyak maka arus akan ditutup di bawah jembatan layang, dan akan dialihkan ke Jalan Gerbang Pemuda," katanya. 

Sementara itu, rencana aksi 11 April 2022 yang diorganisasir Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) yang awalnya direncanakan di Istana Negara mendadak dialihkan ke Gedung DPR-RI.

Baca Juga: Tuntutan Tak Direspon Jokowi, Mahasiswa Ancam Gelar Aksi Besar-besaran

Informasi pengalihan lokasi aksi demo tersebut disampaikan oleh BEM SI melalui laman instagram resminya, @bem_si.

“Aliansi BEM Seluruh Indonesia kembali akan menggelar aksi massa yang akan dilaksanakan pada Senin (11/4/2022) pukul 10.00 WIB sampai menang. Lokasi DPR RI,” tulis BEM SI dalam keterangan unggahannya, Minggu (10/4/2022).

Untuk selengkapnya, bisa disimak titik-titik rekayasa lalu lintas yang akan berlaku pada hari ini, Senin (11/4/2022):

- Arus lalin dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju Jalan Veteran III diluruskan ke Harmoni

- Arus lalin dari Jalan Medan Merdeka Timur yang akan menuju Jalan Medan Merdeka Utara dibelokkan ke kanan Jalan Perwira

- Arus lalin dari Jalan Ridwan Rais yang akan menuju Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Medan Merdeka Timur

- Arus lalin dari Jalan MH Thamrin yang akan menuju Bundaran Patung Kuda dibelokan ke kiri atau ke kanan Jalan Kebon Sirih

- Arus lalin dari Jalan Abdul Muis yang akan dibelokkan ke kiri Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Fachrudin dan arus lalin dari Jalan Fachrudin yang akan belok kanan ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Abdul Muis

Baca Juga: BEM SI Tak Jadi Demo di Istana Negara, Dialihkan ke Gedung DPR

- Arus lalin dari Jalan Tanah Abang II yang akan lurus ke Jalan Museum dibelokkan ke kiri maupun kanan, arus lalin dari Jalan Majapahit yang akan belok ke kiri Jalan Museum diluruskan ke Jalan Abdul Muis dan arus lalin dari Abdul Muis yang akan belok kanan ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Majapahit

- Arus lalin dari Jalan Hayam Wuruk yang akan lurus ke Jalan Majapahit dibelokkan ke kiri ke Jalan Ir H Juanda dan arus lalin dari Jalan Suryo Pranoto yang akan menuju Jalan Juanda dibelokan ke kiri Jalan Gajah Mada

- Arus lalin dari Jalan Abdul Muis yang akan menuju Jalan Majapahit dibelokan ke kiri Jalan Tanah Abang II

- Arus lalu lintas dari Jalan Katedral yang akan menuju ke Veteran dibelokan ke kanan arah Pasar Baru 

- Arus lalin dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju ke Jalan Veteran I diluruskan ke arah Harmoni 

- Arus lalin dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju ke Veteran II diluruskan ke arah Harmoni. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga