Antisipasi Virus Corona, Pelajar Asal Sultra Dikarantina Sebelum Pulang Kampung

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Senin, 03 Februari 2020
0 dilihat
Antisipasi Virus Corona, Pelajar Asal Sultra Dikarantina Sebelum Pulang Kampung
WNI asal Sultra harus di karantina sebelum di terbangkan ke kampung halaman. Foto : IstimewaWNI asal Sultra harus di karantina sebelum di terbangkan ke kampung halaman. Foto : Istimewa

" Alhamdulillah, Yayu dan WNI lain tiba dengan selamat dan sehat walafiat. "

KENDARI, TELISIK.ID - Dampak virus corona di negara tirai bambu Tiongkok, memaksa pelajar dari berbagai negara harus dipulangkan. Sebanyak 243 Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, China, harus pulang ke tanah air.

Beberapa pelajar asal Sultra juga ikut dalam rombongan. Namun mereka tidak bisa langsung pulang ke kampung halaman, karena harus diisolasi selama 14 hari bersama WNI lainnya.

Seluruh WNI diangkut dalam tiga pesawat milik Hercules A-1315 dan dua pesawat Boeing AL-7304 dan A 7306. Pesawat tersebut terbang dari Bandara Hang Nadim, Batam.

Baca Juga: Pasien Diduga Terpapar Virus Corona, Rumah Sakit Belum Umumkan Hasil Pemeriksaan

Para WNI tersebut diangkut dengan pesawat komersil dari China Minggu pagi. Usai pemeriksaan kesehatan dan menjalani prosedur karantina, mereka langsung diberangkatkan lagi ke Natuna.

Di Natuna, para WNI ini akan dikarantina selama dua pekan sebelum kembali ke daerah masing-masing.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, sejumlah pelajar asal Sultra terisolasi di Wuhan, akibat virus corona yang mewabah. Bahkan mereka harus berdiam di dalam ruangan untuk menghindari wabah tersebut.

Seperti mahasiswa asal Sultra, Yayu Indah Maharani (19) yang sudah tiba di Indonesia bersama pelajar lainnya. Putri dari mantan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra Hidayatullah. 

Hidayatullah mengatakan, putrinya telah tiba di Indonesia dengan selamat dan dalam kondisi sehat.

"Alhamdulillah, Yayu dan WNI lain tiba dengan selamat dan sehat walafiat,” katanya, Minggu (2/2/2020).

Yayu Indah Maharani merupakan mahasiswa yang kuliah di Hubei Science University di Kota Wuhan.

Pihak istana kepresidenan melalui juru bicara Presiden Joko Widodo (Jokowi) Fadjroel Rachman memastikan semua Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, China dalam kondisi sehat.

"Semua WNI yang dijemput dalam evakuasi kemanusiaan ini dipastikan semuanya dinyatakan sehat melalui prosedur kesehatan sesuai standar WHO," kata Fadjroel Rachman dikutip dari CNNIndonesia.com, Minggu (2/2/2020).

Reporter: Muhammad Israjab
Editor: Rani

Artikel Terkait
Baca Juga