Demokrat Buka Ruang Poros Baru di Pilkada Muna

Sunaryo, telisik indonesia
Selasa, 11 Juni 2024
0 dilihat
Demokrat Buka Ruang Poros Baru di Pilkada Muna
Tim sembilan yang dibentuk DPC Demokrat akan melakukan komunikasi politik. Foto: Sunaryo/Telisik

" Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Demokrat Muna baru saja melakukan rapat internal menyikapi konstalasi politik di Pilkada "

MUNA, TELISIK.ID - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Demokrat Muna baru saja melakukan rapat internal menyikapi konstalasi politik di Pilkada.

Partai besutan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) itu telah membentuk tim sembilan yang akan bertugas membangun komunikasi politik dengan partai pemilik kursi di DPRD Muna.

Ketua Tim Sembilan, Cahwan menerangkan, dengan modal empat kursi, Demokrat tinggal mencari tambahan dua kursi, sehingga dapat membentuk poros baru di Pilkada.

Baca Juga: AJB Tak Diinginkan Berpasangan dengan Bachrun, Demokrat Muna Bersikap

Menurutnya, dua figur bakal calon (Balon) bupati yakni, La Ode Husuna Ringa Jhon dan Bachrun Labuta bukan jaminan untuk mendapat rekomendasi partai. Bila kedua figur itu, tidak berkoordinasi baik dengan partai lain hingga batas waktu yang ditentukan, maka, secara otomatis, Demokrat akan membentuk koalisi baru.

"Prinsipnya, tim sembilan ini akan membangun komunikasi dengan partai lain, sehingga dapat memuluskan pencalonan Ketua DPC, Awal Jaya Bolombo (AJB) entah sebagai 01 atau 02," kata Cahwan, Selasa (11/6/2024).

Tim, lanjut wakil ketua DPRD Muna itu, mulai saat ini sudah harus melakukan komunikasi politik. Kerja-kerja tim juga tidak bisa diintervensi oleh siapa pun. Tidak menutup kemungkinan, bila komunikasi tim berjalan mulus, bisa melahirkan figur lain, kendati yang bersangkutan tidak mengikuti proses pendaftaran.

Baca Juga: Bahri, Buronan Korupsi Dana Desa di Muna Barat Ditangkap di Sulawesi Tengah

"Semua bisa terjadi," timpalnya.

Sementara itu, Ketua DPC Demokrat Muna, Awal Jaya Bolombo mengaku, tidak ikut campur dari kerja-kerja tim sembilan. Kini, ia hanya fokus membangun komunikasi dengan partai lain untuk mencukupi perolehan kursi sebagai syarat pendaftaran di KPU sebagaimana yang diperintahkan dalam surat tugas yang dikeluarkan DPP.

Ketua Komisi III DPRD Muna itu tidak ngotot harus berpasangan dengan Bachrun Labuta. Sebagai kader, ia hanya patuh terhadap surat tugas itu. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga