Deretan Negara dengan Penganut Aliran Syiah Terbesar di Dunia

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Senin, 27 Mei 2024
0 dilihat
Deretan Negara dengan Penganut Aliran Syiah Terbesar di Dunia
Beberapa negara dengan aliran Syiah terbesar di dunia. Foto: Repro Istockphoto

" Terdapat beberapa negara dengan penganut Syiah terbesar di dunia. Dalam agama Islam, Syiah sendiri dikenal sebagai salah satu jenis aliran yang memiliki banyak penganut "

TEHERAN, TELISIK.ID - Terdapat beberapa negara dengan penganut Syiah terbesar di dunia. Dalam agama Islam, Syiah sendiri dikenal sebagai salah satu jenis aliran yang memiliki banyak penganut.

Pada ajarannya, dikutip dari wikipedia.org, mereka meyakini Nabi Muhammad menunjuk Ali bin Abi Thalib sebagai penerusnya untuk memimpin Islam.

Dari sekian banyak penganutnya di dunia, terdapat sejumlah negara yang memiliki muslim Syiah terbesar. Negara mana sajakah mereka?

Berikut lima negara dengan penganut Syiah terbesar di dunia, yang dikutip dari sindonews.co.id:

Pakistan

Negara pertama adalah Pakistan. Dalam statusnya, negara di kawasan Asia Selatan ini memiliki populasi muslim yang sangat besar.

Baca Juga: Unik: 2 Pulau Bertetangga, Hanya Berjarak 3,8 Km tapi Beda Waktu 21 Jam

Menurut Departemen Luar Negeri (Deplu) Amerika Serikat (AS), total populasi di Pakistan mencapai 238,2 juta pada pertengahan 2021. Dari angka tersebut, sekitar 94% di antaranya adalah penganut agama Islam.

Pada pembagiannya sendiri, Muslim Sunni mendominasi dengan persentase 80-85%, sementara Syiah berada di angka antaraE 15-20%. Namun, jika dibandingkan dengan negara lain, jumlah tersebut tentu sangatlah besar.

Yaman

Yaman merupakan salah satu negara yang berada di kawasan Asia Barat. Negara yang memiliki ibu kota di Sana’a ini berbatasan dengan Arab Saudi di utara dan Oman di timur laut.

Menurut data Deplu AS, Yaman diperkirakan memiliki 30,4 juta populasi pada pertengahan 2021.

Dalam hal ini, sekitar 99% di antaranya diketahui sebagai penganut agama Islam. Penganut Syiah di Yaman mencapai sekitar 35-40?ri total populasi Muslim.

Irak

Negara dengan penganut Syiah terbanyak berikutnya adalah Irak. Pada pertengahan 2021, populasi di negara ini diperkirakan mencapai 39,7 juta jiwa.

Dari total populasi yang dimiliki Irak, sekitar 97% di antaranya diketahui sebagai pemeluk agama Islam.

Dalam hal ini, muslim Syiah menjadi yang terbesar dengan persentase 55-60%, sedangkan Sunni adalah sekitar 40% di antaranya.

Azerbaijan

Berikutnya ada Azerbaijan. Dengan perkiraan populasi sebesar 10,3 juta jiwa di pertengahan 2021, mereka memiliki penduduk Muslim mencapai 96%.

Di Azerbaijan sendiri, mayoritas kelompok muslimnya adalah Syiah yang diperkirakan mencapai persentase 65%, sementara sisanya sekitar 35?alah muslim Sunni.

Iran

Iran merupakan negara di kawasan Asia Barat. Negara ini berbatasan dengan Azerbaijan dan Armenia di barat laut, Turki dan Irak di barat, Turkmenistan di utara, serta Pakistan dan Afghanistan di timur.

Dalam statusnya, Iran memang memiliki mayoritas penduduk beragama Islam. Selain itu, sudah diketahui bahwa kebanyakan umat Islam di sana adalah golongan Syiah.

Mengutip informasi dari laman Deplu AS, Iran memiliki perkiraan populasi mencapai 85 juta jiwa di pertengahan 2020. Dalam hal ini, penduduk Muslimnya mencapai 99,4%.

Uniknya, dari sekian banyak angka tersebut, sekitar 90-95% di antaranya diketahui sebagai pemeluk Islam Syiah menurut perkiraan pemerintah Iran, sementara sisanya adalah kelompok Sunni. Iran merupakan musuh Amerika Serikat (AS), terutama dalam berbagai konflik di negara-negara Timur Tengah.

Mesir

Sementara itu, melansir sonora.id, Mesir merupakan negara Islam terbesar di benua Afrika. Negara yang terletak di Afrika Utara ini memiliki jumlah penduduk 102 juta jiwa.

Baca Juga: Sejumlah Negara Sekutu Mesra Amerika Serikat Akui Kemerdekaan Palestina

Dari data tersebut, 90% di antaranya memeluk agama Islam atau sebanyak 91,8 juta jiwa. Umat muslim Mesir adalah Islam beraliran Sunni yang bermazhab Hanafi.

Nigeria

Nigeria merupakan salah satu negara di benua Afrika yang juga menjadi negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Pada tahun 2021, jumlah penduduk Nigeria mencapai 213 juta jiwa.

Dari 213 juta jiwa ini, sebanyak 54% penduduknya beragama Islam, atau dengan rincian sebanyak 115 juta jiwa muslim. Mayoritas muslim di Nigeria adalah Islam Sunni beraliran mazhab Maliki.

Bangladesh

Bangladesh pada tahun 2021 memiliki populasi mencapai 196 juta jiwa. Dari 196 juta jiwa ini, sebanyak 89% merupakan penduduk beragama Islam atau 147,7 juta jiwa. Mayoritas muslim di Bangladesh beraliran Islam Sunni mazhab Maliki. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga