Deretan Negara Konflik Timur Tengah, Picu Perang Dunia Ketiga

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 26 Januari 2024
0 dilihat
Deretan Negara Konflik Timur Tengah, Picu Perang Dunia Ketiga
Penampakan salah satu masjid yang hancur usai dibom Israel. Foto: Repro Cnbcindonesia.com

" Konflik-konflik baru yang pecah dan menyeret beberapa negara besar di dunia, berpeluang menyebabkan terjadinya perang dunia ketiga "

KENDARI, TELISIK.ID - Beberapa konflik di dunia telah meningkatkan eskalasi menuju Perang Dunia 3. Terdapat beberapa negara di Timur Tengah yang saat ini sedang dilanda perang.

Ini terlihat dari konflik-konflik baru yang pecah dan menyeret beberapa negara besar. Pakar militer Justin Crump mengatakan, peluang terjadinya Perang Dunia 3 mulai terbuka.

Ia menekankan bahwa kecuali ada perubahan signifikan dan dramatis dalam skala global, dunia akan terus menghadapi risiko yang semakin besar dan ketegangan yang semakin meningkat seperti dilansir dari Cnbcindonesia.com.

Ucapan pakar intelijen yang juga CEO perusahaan analisis risiko global Sibylline itu didasari berbagai krisis internasional, termasuk konflik di Ukraina, Timur Tengah, dan berbagai kawasan di Afrika dan Asia.

Lanskap global telah menyaksikan lonjakan konflik mematikan. Data yang dimiliki Peace Research Institute Oslo menunjukkan rekor jumlah kematian terkait pertempuran dan konflik negara pada tahun 2022.

Baca Juga: Swedia Siap Perang Lawan Rusia, Bakal Pecah Perang Dunia ke-3?

Potensi peningkatan jumlah ini seiring dengan perang antara Rusia dan Ukraina serta munculnya kemungkinan serangan China ke wilayah Taiwan untuk mengambil alih pulau itu.

Ketika retorika antara di dua front itu makin memprihatinkan, ketegangan di Timur Tengah juga meningkat. Ada kekhawatiran yang semakin besar bahwa perang Israel-Hamas di Gaza Palestina, dapat meluas dan menyebar di wilayah dunia Arab.

Sejauh ini, perang keduanya telah menular ke beberapa milisi seperti Houthi di Yaman dan Hizbullah di Lebanon, yang bersekutu dengan Hamas. Houthi yang misalnya, mulai membajak kapal-kapal di Laut Merah untuk menekan dunia dan Israel agar serangan ke Gaza diakhiri.

Di Utara Israel, Hizbullah telah melancarkan serangan ke Negeri Yahudi tersebut untuk membantu Hamas. Ini menimbulkan kekhawatiran akan perang antara kelompok tersebut dan Israel.

Dilansir dari Sindonews.com, berikut negara Timur Tengah yang sedang berkonflik:

1. Palestina-Israel

Perang dan konflik kedua pihak sudah berlangsung selama beberapa dekade. Perang terbaru terjadi di Gaza, dimulai pada 7 Oktober 2023. Di Israel, sekitar 1.139 orang tewas dan ratusan lainnya disandera dalam serangan Hamas pada 7 Oktober. Di Gaza, lebih dari 24.000 warga Palestina tewas akibat invasi brutal Israel dari 7 Oktober hingga hari ini.

2. Suriah

Perang saudara di Suriah telah berlangsung sejak 2011, dengan berbagai pihak yang terlibat, termasuk pemerintah Bashar al-Assad, pemberontak, kelompok ekstremis, dan negara-negara asing. Perang ini telah menyebabkan ratusan ribu kematian dan jutaan orang mengungsi.

Baca Juga: Ratusan Dokter dan Pasien di Gaza Hilang, Perbatasan Israel akan Meluas ke Mekkah dan Madinah

3. Irak

Meskipun konflik berskala besar di Irak telah berakhir, negara ini masih menghadapi ancaman dari kelompok ekstremis seperti ISIS. Selain itu, ketegangan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah Kurdi juga masih ada.

4. Yaman

Perang saudara di Yaman telah berlangsung sejak 2014, dengan pihak Houthi yang didukung Iran bertempur melawan pemerintah yang didukung Arab Saudi. Konflik ini telah menyebabkan krisis kemanusiaan yang parah, dengan jutaan orang mengungsi dan kelaparan.

Kelompok Houthi sekarang juga terlibat konflik dengan koalisi AS di Laut Merah setelah kelompok itu menyerang kapal-kapal kargo yang terkait dengan Israel. Aksi Houthi sebagai pembelaan terhadap rakyat Palestina di Gaza. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga