Ramai Soal Bjorka, 4 Hacker Terkenal Dunia Ini Diburu FBI hingga Tertarik Dunia Sihir

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Minggu, 11 September 2022
0 dilihat
Ramai Soal Bjorka, 4 Hacker Terkenal Dunia Ini Diburu FBI hingga Tertarik Dunia Sihir
Kevin Mitnick merupakan hacker terkenal pada 1990-an. Dia juga sempat menjadi buron FBI. Foto: Repro Idntimes

" Nama Bjorka semakin populer di tengah maraknya aksi peretasan di Indonesia. Dia beberapa kali mengklaim berhasil membobol data pribadi di sejumlah perusahaan atau pemerintahan "

KENDARI, TELISIK.ID - Tagar Bjorka menduduki trending topik Indonesia di media sosial Twitter Minggu (11/9/2022). Pasalnya, Bjorka kembali berulah. Kali ini dia mengaku bakal membocorkan dokumen milik Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melalui laman BreachForums.

Sebelum itu, nama Bjorka juga semakin populer di tengah maraknya aksi peretasan di Indonesia. Dia beberapa kali mengklaim berhasil membobol data pribadi di sejumlah perusahaan atau pemerintahan.

Bahkan, Bjorka juga sempat menuliskan pesan kepada pemerintah Indonesia agar "jangan bodoh". Aksi peretasan semacam ini bukan pertama kali terjadi. Sederet nama hacker terkenal telah merajai dunia teknologi.

Mereka bahkan memunculkan peraturan dan kerangka kerja untuk mengubah dunia keamanan siber dan peretasan.

Berikut ini Telisik.id merangkum para hacker terkenal dunia.

1. Kevin Mitnick

Dilansir dari Denverpost dan Jurnalsoerang.com, Kevin Mitnick merupakan hacker terkenal pada 1990-an. Dia juga sempat menjadi buron FBI.

Pada Februari 1995, Kevin ditangkap oleh FBI usai meretas komputer Tsutomo Shimomura, seorang ilmuwan peneliti. Saat itu dia mengaku membobol jaringan komputer perusahaan dan mencuri perangkat lunak.

Baca Juga: 5 Hal yang Terjadi Setelah Ratu Elizabeth Meninggal, Nomor 3 Bikin Kaget

Ketertarikannya menjadi hacker bermula dari kesukaannya terhadap dunia sihir.

Hingga saat di sekolah menengah, ia bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkannya pada peretasan sirkuit dan sakelar perusahaan telepon.

Ini mendorongnya untuk melakukan peretasan yang lebih besar sebagai orang dewasa muda, seperti mencuri kode sumber dari perusahaan IT atau lembaga berwenang.

2. Gary McKinnon

Ia memperoleh popularitas di antara tahun 2001 hingga 2002 ketika ia meretas lebih dari 97 jaringan militer AS. Tujuan utama McKinnon dalam melakukan aksinya itu adalah untuk mencari tahu informasi tentang keberadaan UFO.

Ia sempat mendapatkan akses untuk gambar dari pesawat alien, namun berakhir gagal karena masalah koneksi. Aksi yang dilakukannya itu disebut-sebut merupakan aksi peretasan komputer militer terbesar sepanjang masa. Kini, Gary telah meninggalkan dunia hacking dan beralih menjadi ahli SEO.

3. Albert Gonzalez

Melansir Idntimes.com, Ia dianggap sebagai salah satu pencuri terbesar yang pernah tertangkap dalam sejarah kejahatan cyber. Ia juga sempat menjadi buron FBI dan dijatuhi hukuman 20 tahun penjara setelah ia mengaku telah mencuri jutaan nomor kartu debit dan kartu kredit.

Baca Juga: Deretan Ratu Paling Cantik di Dunia, Bikin Jatuh Hati

4. Kevin Poulsen

Dikenal sebagai Dark Dante, Kevin Poulsen adalah seorang anak muda berusia 20 tahun yang dikenal karena aksi peretasannya terhadap jaringan telepon di LA. Ia melancarkan aksi itu agar ia bisa memenangkan hadiah dari sebuah acara radio.

Selain itu, Kevin juga pernah meretas panggilan telepon dari salah seorang aktris Hollywood terkenal. Ia sempat hidup menyamar selama 17 bulan, untuk menghindari kejaran pihak berwajib. Setelah tertangkap dan menjalani hukuman, kini Kevin telah bebas dan bekerja sebagai editor di Wired. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga