Deretan Wajah Artis Papan Atas Disebut Masuk Kabinet Prabowo-Gibran

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Minggu, 12 Mei 2024
0 dilihat
Deretan Wajah Artis Papan Atas Disebut Masuk Kabinet Prabowo-Gibran
Lima wajah artis yang dikabarkan bakal mengisi kabinet Prabowo-Gibran. Foto: Instagram

" Beberapa artis papan atas disebut-sebut akan menjadi menteri dan wakil menteri di kabinet Prabowo-Gibran "

JAKARTA, TELISIK.ID - Nama-nama terkenal dari berbagai bidang tampaknya akan mendapatkan peran dalam pemerintahan Prabowo-Gibran. Terdapat 61 nama tokoh yang muncul dalam daftar susunan kabinet yang beredar.

Melansir Suara.com jaringan Telisik.id, salah satu nama yang mencuat adalah pengacara terkenal Hotman Paris Hutapea. Hotman dikabarkan akan mendapatkan posisi Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) dalam kabinet tersebut.

Selain Hotman, nama lain yang juga mencuat adalah presenter kondang, Helmi Yahya. Helmi Yahya akan mendampingi Joko Santoso sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf).

Penyanyi Ahmad Dhani juga disebut-sebut akan menjadi salah satu juru bicara (jubir) Prabowo Subianto. Sedangkan Gus Miftah diprediksi akan menjabat sebagai Menteri PAN RB sebelum ditempati oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Bahkan, komedian Eko Patrio disebut akan diusulkan sebagai menteri dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Baca Juga: Diusulkan jadi Menteri Prabowo, Eko Patrio Punya Rumah Rp 150 Miliar hingga Garasi Dipenuhi Ini

Namun, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad membantah adanya daftar menteri dari pihak Prabowo-Gibran. Dasco menegaskan bahwa belum ada daftar resmi yang dikeluarkan oleh Prabowo dan timnya.

Sementara itu, melansir m.antaranews.com, Guru Besar Ilmu Politik Universitas Andalas, Prof. Asrinaldi pada Jumat (10/5/2024), bahwa Presiden terpilih Prabowo Subianto akan mempertimbangkan usulan nama-nama artis sebagai menteri dalam pemerintahannya nanti.

Baca Juga: Prabowo-Gibran Fokus Bangun Koalisi Baru Pasca MK Tetapkan Pemenang Pilpres 2024

Menurut Prof. Asrinaldi, usulan nama-nama artis sebagai menteri merupakan kebutuhan bagi Prabowo untuk menyukseskan program-program yang dijanjikannya selama kontestasi Pemilu 2024 ataupun masa transisi pemerintahan. Namun, ia menekankan bahwa Prabowo akan berhati-hati dalam memilih menteri agar tidak terjadi kesalahan di masa depan.

Prabowo memiliki hak prerogatif dalam menentukan jabatan menteri, terutama yang berkaitan dengan visi dan misinya. Namun, Prof. Asrinaldi menegaskan bahwa tidak sembarang pos menteri bisa dijabat oleh para artis dalam kabinet pemerintahan periode 2024-2029.

Dalam perkembangan terbaru, Zulkifli Hasan, Ketua Umum PAN, mengungkapkan bahwa Eko Patrio diusulkan sebagai menteri dari PAN. Hal ini menunjukkan bahwa partai politik juga memiliki peran dalam penentuan susunan kabinet. Meskipun belum ada kepastian mengenai siapa saja yang akan menjadi menteri dalam kabinet Prabowo-Gibran, namun spekulasi dan usulan sudah mulai beredar di media. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga