Desa Watondo Muna Mulai Salurkan BLT DD

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 12 April 2023
0 dilihat
Desa Watondo Muna Mulai Salurkan BLT DD
Kades Watondo, LM Rusman menyerahkan BLT pada warga tidak mampu. Foto: Sunaryo/Telisik

" Desa Watondo, Kecamatan Tongkuno Selatan, Kabupaten Muna mulai menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) "

MUNA, TELISIK.ID - Desa Watondo, Kecamatan Tongkuno Selatan, Kabupaten Muna mulai menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD).

BLT yang dibagikan pada masyarakat tidak mampu, lansia dan penderita penyakit kronis untuk tiga bulan (Januari-Maret) dengan besaran Rp 900 ribu.

"Perbulannya Rp 300 ribu," kata Kepala Desa (Kades)  Watondo, LM Rusman, Rabu (12/4/2023).

Baca Juga: Dua Desa di Muna Keciprat Rp 800 Juta Pembenahan Desa Wisata

Jumlah penerima BLT sebanyak 41 kepala keluarga (KK) dari total 196 KK. Untuk BLT tiga bulan dananya sebesar Rp39.600.000.

"Penerima diputuskan melalui musyawarah desa," ujarnya.

Rusman menerangkan, tahun ini DD-nya mencapai kurang lebih Rp 670 juta yang diporsikan untuk pembangunan infrastruktur pagar pusat kesehatan, taman kanak-kanak (TK), bantuan modal usaha pedagang, ketahanan pangan, pemeliharaan lampu jalan san pencegahan penyakit stunting.

Salah seorang penerima BLT, La Ode Alif menyampaikan terima kasih pada pemerintah desa atas BLT. Kata dia, BLT itu sangat bermanfaat bagi mereka untuk digunakan dalam memenuhi kebutuhan menjelang hari raya idul fitri.

Baca Juga: Rp 2,2 Miliar Dana Hibah Rumah Ibadah di Muna Barat

"Bantuan ini sangat membantu kami untuk memenuhi kebutuhan hidup," kata Alif.

Sementara itu, Kadis PMD Muna, Rustam menerangkan, DD baru dicairkan tahap pertama sebesar 40 persen untuk fisik dan BLT. Untuk pencairan tahap kedua dilakukan setelah desa selesai membuat laporan pertanggungjawaban penggunaan dana tahap pertama.

"Kita berharap secepatnya desa merealisasikan dana tahap pertama, sehingga bisa mencairkan tahap kedua," pungkasnya. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga