Destinasi Wisata Pulau Sagori Bombana Sajikan Keindahan Alam Memukau

La Ode Andi Rahmat, telisik indonesia
Kamis, 08 Desember 2022
0 dilihat
Destinasi Wisata Pulau Sagori Bombana Sajikan Keindahan Alam Memukau
Suasana Pulau Sagori yang merupakan karang atol berbentuk hampir setengah lingkaran jadi daya tarik tersendiri. Foto: repositori.kemendikbud.go.id.

" Destinasi Pulau Sagori sudah sangat terkenal, baik di kalangan wisatawan lokal, wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara "

BOMBANA, TELISIK.ID - Berlibur dengan nuansa wisata bahari merupakan salah satu keinginan para wisatawan, baik lokal, maupun mancanegera. Tentu wisatawan begitu merindukan lokasi wisata pantai dengan air yang jernih, kondisi masih terjaga dan paling penting jauh dari hiruk pikuk keramain juga kebisingan kota.

Apabila Telisikers berkungjung ke Sulawesi Tenggara, Kawan Telisikers bisa berkunjung ke Kabupaten Bombana. Di daerah ini banyak pulau-pulau kecil dengan sajian alam yang memukau. Salah satunya Pulau Sagori yang terletak di kawasan Pulau Kabaena.

Secara administratif, Pulau Sagori terletak di Kelurahan Sikeli, Kecamatan Kabaena Barat, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara.

Dilansir dari repositori.kemendikbud.go.id, konon, menurut penduduk setempat, nama Sagori didapatkan dari sebuah nama perempuan yang pernah terdampar di pulau tersebut. Sebelum meninggal, perempuan tersebut sempat menyebutkan kata “Sagori. Sagori.”

Keindahan pasir putih yang terhampar luas dengan panjang sekitar 3000 meter dan lebar 200 meter. Foto: wisata.bombanakab.go.id

 

Dilarinsir dari wisata.bombanakab.go.id, destinasi Pulau Sagori sudah sangat terkenal, baik di kalangan wisatawan lokal, wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara. Pulau tersebut merupakan karang Atol berbentuk hampir setengah lingkaran, keindahan pasir putih yang terhampar luas dengan panjang sekitar 3000 meter dan bagian tengah yang paling lebar 200 meter.

Baca Juga: Korban Pembunuhan di Papua Dikuburkan Malam Ini

Wisatawan yang hendak berlibur di Pulau Sagori pasti akan jauh dari membosankan karena begitu ada banyak hal yang dapat dipandang dan dilakukan. Wisatawan dapat menyelam di laut yang jernih dan menyaksikan taman bawah laut dan kehidupan bawah laut berupa ikan-ikan, karang indah. Bahkan di pulau ini juga terdapat harta karun yaitu bangkai kapal yang diduga merupakan kapal layar VOC.

“Menurutku, untuk wisatanya di sana sangat indah, kita juga bisa menyaksikan langsung karerangka kapal VOC yang pernah tenggelam di sana. Recomended banget untuk dikunjungi. Pantainya sangat cantik, pantainya juga masih sangat terawat, bersih dari sampah,” beber Wasrianti, warga Desa Emokolo, Kecamatan Kabaena Barat, Kabupaten Bombana.

Pohon cemara Pulau Sagori yang menambah keindahan dan memberikan suasana sejuk buat para pengunjung. Foto: wisata.bombanakab.go.id

 

Jika dilihat lebih jelas, Pulau Sagori menampilkan empat warna yaitu biru muda, biru tua, hijau dan putih dari perpaduan pantai, laut, langit dan pohon cemara. Sungguh mata Anda akan dimanjakan selama berada di pulau ini, penduduk pulau setempat pun begitu ramah dan santun.

“Di atas pulau tersebut juga ditumbuhi banyak pohon cemara yang menambah keindahannya, pulau ini didiami beberapa penduduk dari Suku Bajo yang mata pencahariannya merupakan pelaut nelayan penangkap ikan dan petani rumput laut,” terang Kadis Pariwisata Kabupaten Bombana, Sri Prihatin, Kamis (8/12/20220).

Baca Juga: Aparat Diminta Beri Efek Jera ke Pengusaha Jual-Beli Mobil yang Parkir Sembarangan

Sri Prihatin menjelaskan, Pulau Sagori bukan hanya memiliki potensi keindahan wisata, namun juga memiliki potensi sumber daya alam yang akan digali dan dikembangan pemerintah demi kesejahteraan masyarakat  khususnya warga setempat.

“Selain potensi keindahan alam bahari Pulau Sagori juga memiliki potensi sumber daya perikanan dan rumput laut yang melimpah,” terang Sri Prihatin.

Untuk menuju kepulau sagori ini kita bisa melalui Ibu Kota Kabupaten Bombana menggunakan transportasi laut selama kurang lebih 5 jam menuju Kabaeana dan dilanjutkan menggunakan Speedboat atau perahu nelayan kurang lebih 15 menit kepulau tersebut. (A-Adv)

Penulis: La Ode Andi Rahmat

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga