Detik-detik Pesawat Jatuh di Danau Sentani

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Selasa, 12 Mei 2020
0 dilihat
Detik-detik Pesawat Jatuh di Danau Sentani
Korban pesawat jatuh di danau Sentani, Joyce Chaisin Lin. Foto: Tribunnews.com

" Tim SAR gabungan telah mengevakuasi korban ke RS Bhayangkara untuk dilakukan tindakan medis. Sementara itu untuk badan pesawat telah berhasil dievakuasi dari dasar danau. "

JAYAPURA, TELISIK.ID - Pesawat Cesna pengangkut logistik milik Mission Aviation Fellowship (MAF) jatuh di Danau Sentani, Jayapura, Papua, setelah dua menit take off. Jenazah pilot wanita WN Amerika Serikat bernama Joyce Chaisin Lin (40).

"Tim SAR gabungan telah mengevakuasi korban ke RS Bhayangkara untuk dilakukan tindakan medis. Sementara itu untuk badan pesawat telah berhasil dievakuasi dari dasar danau," kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Musthofa Kamal dalam keterangannya, dikutip detik.com, Selasa (12/5/2020).

Perwakilan KNKT Papua Norbert Tunyanan menyatakan, pilot pesawat perintis milik Mission Aviation Fellowship (MAF) yang jatuh di Danau Sentani, Papua, sempat melaporkan tanda bahaya.

Baca juga: Paket Komplit Sembako di Kendari Dijual Rp 5.000

Tunyanan mengatakan, pilot pesawat bernama Joice Lin disebut berkata, "Mayday...mayday" dan terdengar jelas oleh pilot di pesawat-pesawat yang berada di frekuensi radio 119,1.

Joice Lin ditemukan meninggal dan jenazahnya sudah ditemukan di danau itu.

"Saya sudah terima laporan yang menyatakan tim SAR sudah menemukan jenazah pilot pesawat MAF dengan kode penerbangan PK-MEC setelah menyelam di Danau Sentani," kata Tunyanan, seperti dilansir Antara, Selasa pagi.

Keterangan saksi yang melihat sekitar pukul 06.29 WIT, pesawat MAF PK-MEC yang saat itu terbang melewati Danau, meledak di atas ketinggian. Pesawat lalu jatuh di tengah-tengah danau, di atas permukaan air dan tenggelam.

Baca juga: DPMD Muna Endus Ada Provokator di Balik Penyegelan Balai Desa

Dari laporan yang diterima, terungkap jenazah ditemukan di kedalaman 13 meter dan masih di dalam kokpit pesawat.

Belum diketahui apakah evakuasi sudah selesai dilakukan atau belum.

Ia mengatakan, salah satu pilot AMA yang mengemudikan pesawat dengan nomor penerbangan PK-RCE sempat memfoto.

Diberitakan sebelumnya, pesawat perintis milik MAF jatuh di Danau Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa (12/5/2020).

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Sumarlin

Baca Juga