Diduga Langgar Prokes, Polisi Tangkap Suporter Persija

Sugiharta Yunanto, telisik indonesia
Senin, 26 April 2021
0 dilihat
Diduga Langgar Prokes, Polisi Tangkap Suporter Persija
Konvoi Jakmania, suporter Persija. Foto: Ist.

" Dari hasil semalam ada 65 orang kita amankan yang kemudian kita cek ada 52 orang dewasa, anak-anak 12 orang, dan satu perempuan dewasa. Mereka diamankan di Polda Metro Jaya, kita periksa "

JAKARTA,TELISIK.ID - Polda Metro Jaya menangkap 65 suporter Persija Jakarta yang melakukan konvoi setelah timnya menang Piala Menpora 2021.

Polisi juga membubarkan kerumunan massa di sekitar Bundaran HI, Jakarta Pusat. Kerumunan massa masih dilarang di tengah penerapan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro.

"Dari hasil semalam ada 65 orang kita amankan yang kemudian kita cek ada 52 orang dewasa, anak-anak 12 orang, dan satu perempuan dewasa. Mereka diamankan di Polda Metro Jaya, kita periksa," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Drs. Yusri Yunus, Senin (26/4/2021).

Yusri menuturkan, suporter Persija diamankan untuk dimintai keterangan terkait apakah ada ajakan untuk melakukan konvoi kemenangan tersebut.

Namun, sejauh ini belum ditemukan ada unsur ajakan tersebut. Akhirnya puluhan Jakmania itu telah dipulangkan secara bertahap.

"Dari pemeriksaan sampai pagi tadi belum ditemukan adanya ajakan tersebut, mereka spontanitas dengan kemenangan Persija mereka berkumpul karena dirasa bundaran HI itu ikon Persija, setiap Persija menang akan berkumpul di sana," tutur Kombes Yusri.

Kabidhumas menegaskan, pihaknya akan terus melakukan pemantauan di media sosial untuk memastikan ada atau tidaknya ajakan itu di media sosial.

Baca Juga: Digugat Mantan Dirut PT Pelindo II, Pimpinan KPK Siap Hadapi

"Kita dalami apakah ada ajakan melalui medsos," ungkap Yusri.

Yusri menyebut, pihaknya juga berencana memanggil pengurus Jakmania, termasuk manajemen Persija untuk mendalami ajakan tersebut.

"Tergantung profiling dari penyidik," ujar Yusri.

Pembubaran massa pendukung Jakmania tersebut juga diunggah oleh akun Instagram TMC Polda Metro Jaya.

Dalam video yang diunggah itu, terlihat sejumlah atribut identik dengan warna khas Persija.

Dalam video juga tampak bendera dengan lambang tim Macan Kemayoran yang dibawa oleh massa yang menggunakan sepeda motor. (C)

Reporter: Sugiharta Yunanto

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga