Diduga Selewengkan Anggaran, Massa Tuntut Ketua KONI Sulawesi Tenggara Diganti

Riksan Jaya, telisik indonesia
Senin, 26 Februari 2024
0 dilihat
Diduga Selewengkan Anggaran, Massa Tuntut Ketua KONI Sulawesi Tenggara Diganti
Massa yang menamakan diri Aliansi Masyarakat Sultra Menggugat melakukan aksi demonstrasi di depan kantor KONI Sultra. Foto: Riksan Jaya/Telisik

" Massa Komunitas Masyarakat Sultra Menggugat meminta Ketua KONI Alfian Taufan Putera diganti "

KENDARI, TELISIK.ID - Kantor KONI Sulawesi Tenggara digeruduk massa yang menamakan diri Komunitas Masyarakat Sultra Menggugat. Aksi tersebut ditujukan kepada Alfian Taufan Putera selaku Ketua KONI Sultra yang diduga telah melakukan penyelewengan anggaran, Senin (26/2/2024).

Disampaikan oleh salah satu massa aksi yang sedang berorasi bahwa di bawah kepemimpinan Alfian Taufan Putera, KONI Sultra memiliki banyak masalah dalam struktural, aturan, dan penggunaan anggaran.

Arjum Hasjuliawan selaku Kordinator Lapangan (Korlap) Aliansi Masyarakat Sultra Menggugat, menyampaikan bahwa aksi yang dilakukannya merupakan aksi kedua dengan membawa isu yang sama yakni kesulitan pendanaan bagi para atlet yang ingin berangkat bertanding keluar daerah.

“Kedua kali kami turun yang membawa permasalahan yang hampir sama. Melihat para atlet bahkan untuk berangkatpun harus memakai dana sendiri. Yang seharusnya KONI Sultra memfasilitasi itu semua," ungkap Arjum.

Baca Juga: Aklamasi, Abdul Azis Terpilih Ketua KONI Kolaka Timur

Baca Juga: Pemprov Sulawesi Tenggara Beberkan Alokasi Anggaran untuk Pemeliharaan Jalan Tahun 2024

Dia mengaku mengetahui pemerintah sudah menggelontorkan dana besar kepada KONI untuk dibagi ke seluruh cabang olahraga, yang harusnya bisa disalurkan dengan baik, tapi Taufan, anak mantan Gubernur Sultra, dinilai gagal karena anggaran diduga digunakan secara tidak maksimal.

Arjum menambahkan, salah satu contohnya saat ajang Pra PON di Papua tahun lalu, para atlet ada yang tidak jadi berangkat karena tidak memiliki biaya.

“Kemarin kegiatan Pra PON banyak cabor yang mengeluh, bahkan ada yang tidak jadi berangkat, karena minimnya anggaran. Hari ini kita dipertontonkan ketidakpedualianya terhadap para atlet di Sultra. Kalau bisa Pj Gubernur mengganti saja ketua KONI saat ini," timpalnya. (A)

Penulis: Riksan Jaya

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga