Dikbud Konawe Usulkan Insentif Guru Honorer pada APBD 2021

Muhamad Surya Putra, telisik indonesia
Jumat, 27 November 2020
0 dilihat
Dikbud Konawe Usulkan Insentif Guru Honorer pada APBD 2021
Kadis Dikbud Konawe, Suriyadi. Foto: Muhamad Surya Putra/Telisik

" Kita usulkan anggaran Rp 2,4 miliar untuk honorer guru dari TK/PAUD, SD, dan SMP di Kabupaten Konawe. "

KONAWE, TELISIK.ID - Kabar baik datang untuk nasib para guru honorer di Kabupaten Konawe. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Konawe akan mengusulkan anggaran untuk insentif guru khusus honorer.

Insentif tersebut diupayakan dapat terakomodir pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Konawe 2021 mendatang. Dengan besaran anggaran Rp 2,4 miliar untuk ribuan guru honorer.

"Kita usulkan anggaran Rp 2,4 miliar untuk honorer guru dari TK/PAUD, SD, dan SMP di Kabupaten Konawe," ungkap Kadis Dikbud Konawe, Suriyadi, Jumat (27/11/2020).

Ia mengatakan, insentif guru honorer merupakan skala prioritas kebijakan Bupati dalam rangka meningkatkan kesejahteraan guru non PNS di daerah lumbung beras itu.

Baca juga: Pengamat Angkat Bicara Soal Polemik Pengangkatan Kepala SMAN 9 Kendari

Ia juga menambahkan, dana insentif itu sudah dianggarkan pada tahun ini. Namun, anggaran itu mengalami refocusing untuk menangani wabah COVID-19 di Konawe.

"Tahun 2020 lalu kita sudah anggarkan, tapi karena anggaran dialihkan untuk mengatasi pandemi COVID-19. Insyaallah dengan angka yang sama, kita akan usulkan supaya masuk di tahun 2021," ujar Suriyadi.

Selain itu, ia menyebut bahwa insentif guru honorer sempat diberikan kepada 750 guru non pegawai negeri sipil (PNS) pada tahun 2016 lalu. Bantuan itu merupakan subsidi dari APBD melalui kebijakan pemerintah daerah.

Hanya saja, ketidakmampuan anggaran di tahun-tahun selanjutnya, makanya program tersebut tidak dilanjutkan. (B)

Reporter: Muhamad Surya Putra

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga