Dinkes Sulawesi Tenggara Gelar Aksi Bergizi di Buton Utara, Cegah Anemia pada Remaja Putri

Erni Yanti, telisik indonesia
Jumat, 22 Desember 2023
0 dilihat
Dinkes Sulawesi Tenggara Gelar Aksi Bergizi di Buton Utara, Cegah Anemia pada Remaja Putri
Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Tenggara Hj Usnia saat aksi Bergizi di Buton Utara. Foto: Ist.

" Salah satu bentuk upaya mencerdaskan dan menyehatkan anak bangsa adalah dengan menumbuhkembangkan kegaiatan positif. Salah satu kegiatannya adalah pelaksanaan Aksi Bergizi "

BUTON UTARA, TELISIK. ID - Salah satu bentuk upaya mencerdaskan dan menyehatkan anak bangsa adalah dengan menumbuhkembangkan kegaiatan positif. Salah satu kegiatannya adalah pelaksanaan Aksi Bergizi.

Aksi Bergizi merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran siswa siswi dalam membiasakan konsumsi tablet tambah darah (TTD), makan makanan dengan menu gizi seimbang dan melakukan aktivitas fisik. Juga memberikan kemudahan kepada siswa dan siswi dalam  memperoleh pelayanan kesehatan dasar, utamanya untuk mencegah anemia di kalangan pelajar.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Sulawesi Tenggara, Rosmawati mengungkapkan pentingnya tablet penambah darah untuk mencegah anemia pada remaja putri.

Kegiatan Aksi Bergizi dihadiri Bupati Buton Utara bersama Wakil Bupati, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara, Kepala Dinas Kesehatan Buton Utara, tenaga medis puskesmas, dan lintas sektor lainnya. Foto: Ist.

 

"Kita ingin meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat khususnya sekolah, mengenai pentingnya mengonsumsi tablet tambah darah, melakukan aktivitas fisik, hingga mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang," ungkapnya.

Untuk itu, Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Buton Utara, menggelar kegiatan Aksi Bergizi di SMAN 1 Kulisusu Kabupaten Buton Utara.

Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Tenggara, Hj Usnia bagian kiri bersama Bupati Butur tengah. Foto: Ist.

 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Buton Utara, Wakil Bupati Buton Utara beserta jajarannya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buton Utara beserta jajaran, tenaga medis puskesmas, dan lintas sektor lainnya.

Baca Juga: Dinkes Sulawesi Tenggara Gelar Aksi Bergizi di Buton Selatan, Tingkatkan Kesadaran Remaja Putri Konsumsi Tablet Tambah Darah

Penyebarluasan informasi kesehatan dalam rangka penggerakan masyarakat dalam Aksi Bergizi di SMAN 1 Kulisusu Kabupaten Buton Utara, diawali dengan melakukan aktifitas fisik atau senam diikuti oleh semua peserta yang hadir di SMAN 1 Kulisusu.

Bupati Buton Utara, Muhammad Ridwan Zakariah, dalam sambutannya mengajak seluruh warga sekolah untuk selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat dengan senantiasa menjaga kebersihan badan, lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat dan sekaligus menerapkan pola makan yang sehat dan bergizi.

“Jangan mengabaikan masalah kurang gizi. Kita semua harus memperhatikan masalah asupan makanan sehari-hari agar senantiasa sehat. Apalagi untuk siswa dan siswi SMA, adalah saatnya terus tumbuh. Jadi harus dijaga benar-benar agar senantiasa mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi," tambahnya.

Ia menambahkan, khusus untuk siswa putri, perlu juga ditambahkan dengan tablet penambah darah. Oleh karena itu, melalui kegiatan ini, juga akan dibagikan tablet penambah darah.

Aksi Bergizi merupakan salah satu upaya mencegah stunting. Foto: Ist.

 

Kemudian Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara, Rosmawati, memberikan edukasi sehat menjelaskan secara singkat tentang anemia dan juga cara mengonsumsi Tablet Tambah Darah (TTD).

Setelah edukasi, dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan bagi remaja putri, sarapan bersama, dan ditutup dengan pelaksanaan aksi minum tablet tambah darah untuk remaja putri.  

Edukasi gizi ini juga bersifat multi-sektor dengan tujuan mempromosikan asupan makanan yang sehat dan aktivitas fisik serta manfaat dari tablet tambah darah, dilanjutkan lagi dengan melakukan pemeriksaan/skrining Hb bagi remaja putri.

Pemeriksaan Hb ini diharapkan dapat dilakukan secara berkala untuk memantau jumlah kasus anemia pada remaja putri. Dan Sarapan bersama setelah itu pelaksanana pemberian TTD sekaligus minum TTD bersama.

Baca Juga: Cegah Anemia Remaja Putri, Dinkes Sulawesi Tenggara Gelar Aksi Bergizi di Bombana

Kegiatan pemberian tablet tambah darah ini diharapkan dapat memotivasi sekolah-sekolah lain untuk ikut melaksanakan kegiatan Aksi Bergizi secara rutin sebagai bentuk upaya meningkatkan gizi remaja putri, sehingga mendukung pencegahan stunting secara nasional. 

Kegiatan Aksi Bergizi ini diharapkan dapat membangun kesadaran dan kepatuhan remaja putri dalam mengonsumsi tablet tambah darah dapat menurunkan kejadian anemia.

Dengan melakukan pendekatan kepada siswa dan siswi yang ada di Kabupaten Buton Utara, untuk dapat menerapkan perilaku hidup sehat, sehingga siswa dan siswi memperoleh kesehatan dapat belajar dengan baik dan meraih cita-cita yang diimpikan di masa depan.

"Kepada bapak ibu guru, lakukan pendekatan yang baik, berikan kesadaran kepada anak-anak kita, pentingnya melibatkan lintas sektor di tingkat pusat dan daerah serta seluruh warga sekolah, khususnya remaja putri sebagai penerima manfaat langsung dari kegiatan ini," tutupnya. (B-Adv)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga