Dinkes Sulawesi Tenggara Gelar Aksi Bergizi di Buton Selatan, Tingkatkan Kesadaran Remaja Putri Konsumsi Tablet Tambah Darah

Erni Yanti, telisik indonesia
Jumat, 22 Desember 2023
0 dilihat
Dinkes Sulawesi Tenggara Gelar Aksi Bergizi di Buton Selatan, Tingkatkan Kesadaran Remaja Putri Konsumsi Tablet Tambah Darah
Kegiatan Aksi Bergizi di Buton Selatan dihadiri Pj bupati, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Buton Selatan, tenaga medis puskesmas, serta lintas sektor terkait. Foto: Ist.

" Dalam rangka meningkatkan kesadaran siswa-siswa terkait pentingnya gizi seimbang, Dinas Kesehatan Sulawesi Tenggara melaksanakan Aksi Bergizi di Kabupaten Buton Selatan "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Dalam rangka meningkatkan kesadaran siswa-siswa terkait pentingnya gizi seimbang, Dinas Kesehatan Sulawesi Tenggara melaksanakan Aksi Bergizi di Kabupaten Buton Selatan.

Gerakan Aksi Bergizi merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran siswa siswi dalam membiasakan konsumsi Tablet Tambah Darah (TTD), makan makanan dengan menu gizi seimbang dan melakukan aktivitas fisik.

Gizi pada remaja tentu saja merupakan hal krusial karena banyak kebiasaan terkait gizi seseorang yang dimulai pada saat remaja, akan dibawa sampai ketika dewasa.

Kepala Bidang Bina Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Sulawesi Tenggara, Rosmawati menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan upaya pencegahan stunting sejak dini, oleh karena itu intervensi gizi harus dimulai sedini mungkin.

Remaja putri pranikah adalah wanita usia subur yang harus diberikan perhatian sebelum mereka menikah. Hal itu sebagai upaya edukasi terkait dengan penyakit anemia dan stunting.

Apabila seorang remaja putri pranikah menderita anemia, maka anak yang dilahirkan berisiko tinggi untuk stunting. Untuk itulah pihaknya akan terus melakukan sosialisasi ini sebagai langkah pencegahan dini.

Baca Juga: Cegah Anemia Remaja Putri, Dinkes Sulawesi Tenggara Gelar Aksi Bergizi di Bombana

"Guru-guru melakukan pendekatan yang baik, berikan kesadaran kepada anak-anak kita, pentingnya melibatkan lintas sektor di tingkat pusat dan daerah serta seluruh warga sekolah, khususnya remaja putri sebagai penerima manfaat langsung dari kegiatan ini," ungkapnya.

Kemudian dalam rangka meningkatkan pemahaman dan kesadaran kepada masyarakat khususnya sekolah mengenai pentingnya mengonsumsi Tablet tambah Darah (TTD), melakukan aktivitas fisik, hingga mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang.

Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Buton Selatan menggelar kegiatan Aksi Bergizi di SMAN 1 Kabupaten Buton Selatan.

Kegiatan pemberian tablet tambah darah ini diharapkan dapat memotivasi sekolah-sekolah lain untuk ikut melaksanakan kegiatan Aksi Bergizi secara rutin sebagai bentuk upaya meningkatkan gizi remaja putri, sehingga mendukung pencegahan stunting secara nasional. 

Diharapkan kegiatan Aksi Bergizi ini dilakukan di sekolah secara rutin atau setiap minggu, sehingga kepatuhan remaja putri dalam mengonsumsi tablet tambah darah dapat menurunkan kejadian anemia pada remaja putri.

Baca Juga: Dinkes Sulawesi Tenggara Gelar Aksi Bergizi di Kolaka Utara, Upaya Peningkatan Gizi dan Cegah Anemia

Terutama kepada siswa dan siswi yang ada di Kabupaten Buton Selatan untuk dapat menerapkan perilaku hidup sehat, dan terpenting mengikuti apa yang kita ikhtiarkan sehingga siswa dan siswi  memperoleh kesehatan, sehingga dapat belajar dengan baik dan meraih cita-cita yang diimpikan di masa depan.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pj Bupati Buton Selatan beserta jajaranya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Buton Selatan beserta jajaran dan staf, tenaga medis puskesmas, serta lintas sektor terkait.

Adapun rangkaian kegiatan Aksi Bergizi ini yakni senam bersama, penyebarluasan melalui informasi kesehatan dengan tema cegah anemia, pemeriksaan Hb (optional) dan pemberian tablet tambah darah pada siswi. (B-Adv)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga