Dinyatakan Sembuh, 12 Pasien COVID-19 di Surabaya Ikuti Wisuda

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Selasa, 09 Februari 2021
0 dilihat
Dinyatakan Sembuh, 12 Pasien COVID-19 di Surabaya Ikuti Wisuda
Pasien COVID-19 yang dinyatakan sembuh dari RSL Indrapura Surabaya. Foto: Yudhie/Telisik

" Semua harus punya semangat bagaimana bisa sembuh dari penderita COVID-19. Dengan semangat sembuh ini, akan memacu tumbuhnya imun (kekebalan) dalam tubuh untuk melawan virus COVID-19. "

SURABAYA, TELISIK.ID - Sebanyak 12 orang menjalani wisuda sebagai penyintas setelah dinyatakan sembuh dari COVID-19 di Rumah Sakit Lapangan (RSL) Indrapura Surabaya, Selasa (9/2/2021).

Ke-12 pasien tersebut menggenapi menjadi 6000 pasien COVID-19 yang dinyatakan sembuh dalam perawatan di RSL Indrapura Surabaya. Menurut dokter senior RSL Indrapura, Christijogo Soemartono Waloejo, pihak rumah sakit telah mewisuda 12 penyintas COVID-19 sehingga total pasien yang dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang sejumlah 6010 dari 6383 orang yang tercatat masuk dan dirawat di RSL Indrapura Surabaya.

“Kali ini merupakan akumulasi tertinggi dari 1254 pasien yang masuk Desember dan 1147 pasien pada Januari. Memang Desember dan Januari merupakan bulan tertinggi jumlah pasien masuk dari rata-rata tiap bulan 700-an, linier dengan kondisi nasional penderita COVID-19 yang memang meningkat tajam di dua bulan tersebut. Angka kematian di rumah sakit ini selama 8 bulan beroperasi, hanya 1 pasien yang meninggal,” jelasnya.

Baca juga: HPN 2021, Pemda Bombana Harap Pers Lebih Produktif

Lebih lanjut, kata Christijogo, dengan banyaknya penderita COVID-19 maka protokol kesehatan harus tetap diutamakan dan dijalankan dengan konsisten, dan rumah sakit  tetap menjalankan fungsi layanan semaksimal mungkin.

Sementara itu, salah satu pasien yang sembuh (penyintas) dari COVID-19, Purwoko mengatakan, setelah sembuh muncul semangat baru yang harus dimiliki dan dijalankan oleh semua orang sebagai semangat untuk mengakhiri pandemi.

“Semua harus punya semangat bagaimana bisa sembuh dari penderita COVID-19. Dengan semangat sembuh ini, akan memacu tumbuhnya imun (kekebalan) dalam tubuh untuk melawan virus COVID-19,” jelasnya. (B)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga