Diprotes Pengunjung, Pelayanan Perpustakaan Universitas Halu Oleo Dinilai Buruk

Apriadi Mayoro, telisik indonesia
Kamis, 04 Januari 2024
0 dilihat
Diprotes Pengunjung, Pelayanan Perpustakaan Universitas Halu Oleo Dinilai Buruk
Pelayanan petugas Perpustakaan Universitas Halu Oleo dinilai sangat buruk. Foto: Apriadi Mayoro/Telisik

" Kenyamanan, fasilitas dan pelayanan Perpustakaan Universitas Halu Oleo dinilai buruk oleh pengunjung "

KENDARI, TELISIK.ID - Kenyamanan, fasilitas dan pelayanan Perpustakaan Universitas Halu Oleo dinilai buruk oleh pengunjung. Tak tanggung-tanggung, ada pengunjung yang sampai membuat imbauan agar tidak datang ke perpustakaan ini.

Penilaian ini dimulai dari bagian pelayanan. Pengunjung menilai pegawai yang bertugas melayani tidak ramah, sinis dan tidak profesional, termasuk security.

“Tidak usah datang ke perpus ini (Perpustakaan Universitas Halu Oleo), mending ke perpustakaan daerah sekalian, soalnya satpamnya sangat-sangat sinis dan tidak profesional,” tulis salah seorang pengunjung perpustakaan, dengan nickname 2002 GOLD, dalam ulasan perpustakaan.

Ia keheranan dengan cara pelayanan security. Menurutnya, pertanyaan “mau bikin apa di sini?” adalah aneh, karena tujuan pengunjung ke perpustakaan umumnya sudah diketahui, yaitu membaca.

Hal yang sama dialami juga oleh pengunjung lain. Pertanyaan yang sama dengan muka sinis membuatnya tidak nyaman. Menurutnya, sebaiknya pertanyaan tersebut diungkapkan dengan baik-baik.

Baca Juga: Literasi Baca Perpustakaan Darul Ilmi MAN 1 Kendari Upaya Tingkatkan Kemampuan Siswa

“Ya maksudnya, kalau tanya baik-baik kan enak begitu dengarnya,” ungkap Aidil dalam ulasan perpustakaan.

Ulasan lain menuliskan bahwa pelayanan Perpustakaan Universitas Halu Oleo sangat jelek karena pegawai yang bertugas di perpustakaan tidak berada di tempat pada jam kerja. Selain itu, Ia juga mengeluhkan pelayanan satpam.

“Koleksi bukunya banyak. Sayangya pelayanannya sangat jelek. Terakhir pergi, ruang koleksi di lantai tiga dikunci dan dilarang masuk, karena katanya tidak ada penjaganya, padahal bukan jam istirahat. Satpamnya juga sangat jutek dan tidak informatif,” ungkap pengunjung perpustakaan, Merdo, melalui tulisannya dalam ulasan perpustakaan.

Berdasarkan ulasan tersebut, Telisik.id mencoba membuktikan kebenaran informasi terkait pelayanan pegawai yang bertugas, pada Rabu (3/1/2024). Dari apa yang didapatkan, security yang bertugas, memang terkesan jutek, judes dan tidak informatif.

Saat tim Telisik.id memasuki ruang koleksi majalah, pertanyaan yang dianggap aneh oleh pengunjung terlontarkan “mau bikin apa?” dengan nada yang memang terkesan intimidatif, lalu kemudian menyuruh untuk mengisi daftar pengunjung yang belum terisi sama sekali.

Salah seorang pengunjung, Sofyan, yang ditemui saat mengerjakan tugas di Perpustakaan Universitas Halu Oleo, juga merasakan ketidakramahan petugas pelayanan.

Baca Juga: Pelayanan Petugas Perpustakaan Modern Sulawesi Tenggara Dinilai Buruk dan Tidak Profesional

Kepala UPT Perpustakaan Universitas Halu Oleo, Muhamad Alim Marhadi, saat dikonfirmasi menjelaskan, selama menjabat dari 21 Agustus 2021, Ia menganggap security sudah menjalankan tugasnya dengan baik.

“Sebenarnya tidak sih, kurang ramahnya mereka itu ketika ada pengunjung yang pakai sendal, diingatkan tidak mau dengar, kan biasa begitu, nda bisa masuk kalau pakai sendal,” ungkapnya saat ditemui di Perpustakaan Universitas Halu Oleo, Rabu (3/1/2024).

Ia memperhatikan, pelayanan sehari-hari, security sudah melayani keperluan pengunjung seperti pengurusan bebas pustaka dengan mengarahkan tata caranya. Untuk pelayanan pada sirkulasi, ia menganggap sudah bagus peningkatannya, ramah dan tidak mempersulit pengunjung perpustakaan. (A)

Penulis: Apriadi Mayoro

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga