Dorong Warga Ikut Vaksin, Pemda Buteng Rancang Perbup

Mutarfin, telisik indonesia
Jumat, 06 Agustus 2021
0 dilihat
Dorong Warga Ikut Vaksin, Pemda Buteng Rancang Perbup
Sekda Buteng, Konstatinus Bukide (kiri). Foto: Mutarfin/Telisik

" Kita sudah punya rancangan Perbup, yang isinya jika tidak memiliki surat sertifikat vaksin maka tidak bisa melakukan perjalanan "

BUTON TENGAH, TELISIK.ID - Rendahnya partisipasi masyarakat untuk melakukan vaksinasi COVID-19, mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Utara (Buteng) akan merancang Peraturan Bupati (Perbub).

Sekretaris Daerah (Sekda) Buteng, Kostantinus Bukide mengatakan, tingkat kesadaran masyarakat dalam mengikuti vaksin di wilayah Buteng tergolong masi rendah, apalagi pada kalangan lanjut usia (lansia).

"Utamanya yang rendah melakukan vaksin di Buton Tengah adalah lansia. Lansia kita dari target 7.485 orang, yang baru divaksin itu baru 122 orang atau baru sekitar 1 persen lebih dari target yang kita tetapkan," katanya, Jumat (6/8/2021).

Saat ini, kata dia, berdasarkan koordinasi dengan Satgas Penanggulangan COVID-19 Buteng pihaknya telah merancang peraturan bupati (Perbup) untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam melakukan vaksin.

Baca Juga: Inspiratif, Perwira Polisi Doyan Bangun Mesjid

Baca Juga: Dewan Ingatkan Temuan BPK Segera Ditindaklanjuti

"Kita sudah punya rancangan Perbup, yang isinya jika tidak memiliki surat sertifikat vaksin maka tidak bisa melakukan perjalanan,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Buteng, Kasman mengaku, pihaknya selalu gencar melakukan sosialisasi pada masyarakat untuk melakukan vaksinasi.

"Tim kita sudah sering turun lapangan guna melakukan sosialisasi mendukung program pemerintah, dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap vaksinasi," jelasnya. (B-Adv)

Reporter: Mutarfin

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga