Dosen UHO Bimbing Pembuatan Cool Box Portabel untuk Nelayan

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Selasa, 24 Oktober 2023
0 dilihat
Dosen UHO Bimbing Pembuatan Cool Box Portabel untuk Nelayan
Bimbingan pembuatan cool box portabel untum nelayan di Kelurahan Sambuli Kecamatan Abeli Kota Kendari. Foto: Ist.

" Bimbingan teknis pembuatan cool box portable dan non teknis pengawetan ikan, ditujukan untuk nelayan dan Kelurahan Sambuli banyak yang berprofesi sebagai nelayan "

KENDARI, TELISIK.ID - Dosen Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan kemitraan masyarakat, mengadakan bimbingan teknis pembuatan cool box portabel dan pengawetan ikan dengan 3 C + Q (Cold, Clean, Carefull dan Quick) bagi Nelayan di Kelurahan Sambuli, Kecamatan Abeli, Kota Kendari.

Bimbingan teknis pembuatan cool box portable dan non teknis pengawetan ikan, ditujukan untuk nelayan dan Kelurahan Sambuli banyak yang berprofesi sebagai nelayan. Potensi yang dimiliki Kelurahan Sambuli memang dari sektor kelautan baik untuk pariwisata, maupun perikanan tangkap.

Dosen UHO, Sitti Nawal Jaya mengatakan, sejauh ini pihaknya mengkhawatirkan ada oknum nelayan yang menggunakan formalin yang dicampur dalam es batu, sehingga melakukan bimbingan non teknis untuk mengawetkan ikan secara 3 C plus Q (cold, clean, carefull and quick).

"Belum ada keluhan, umumnya mereka mengawetkan ikan menggunakan es balik atau es serut tetapi dengan cool box bisa lebih hemat dan ramah lingkungan," ujarnya.

Baca Juga: Bantu Masyarakat Nelayan Atasi Sampah, Mahasiswa FPIK UHO Buat Sero Multifungsi

Baca Juga: Bantuan Nelayan Tak Berkualitas, Fraksi Demokrat Minta Dinas Perikanan Dievaluasi

Sementara itu, salah satu mahasiswa yang ikut dalam program pengabdian ini, Akbar Fatuhul Sabilillah mengatakan, kegiatan itu dibuka dengan materi pengawetan ikan, memilih es yang baik untuk pengawetan dan bahan yang berbahaya terkait pengawetan ikan seperti formalin dan lain-lain.

"Saya harapannya nanti alat ini bisa dikembangkan lebih lanjut, baik saya atau mahasiswa lain agar ke depannya alat ini bisa lebih sempurna, baik itu suhu yang diperoleh maupun efisiensi energi listrik yang dibutuhkan," jelas Akbar. (B-Adv)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga