DPD NasDem Muna Barat Bakal Tindaki Ketua DPRD

Sunaryo, telisik indonesia
Kamis, 25 Agustus 2022
0 dilihat
DPD NasDem Muna Barat Bakal Tindaki Ketua DPRD
Ketua DPD NasDem Muna Barat, La Insafu bersama Ketua DPW NasDem Sultra, Ali Mazi. Foto: Ist.

" Ketua DPD NasDem Muna Barat, La Insafu, sangat menyayangkan tindakan ketua DPRD Muna Barat "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Aksi yang dipertontonkan Ketua DPRD Muna Barat, Wa Ode Sitti Sariani Ilaihi memarahi dan membantingkan pintu Pj Bupati, Bahri hanya gegara persoalan kendaraan dinas (randis), ikut menyeret nama Partai NasDem.

Betapa tidak, Sariani merupakan kader partai besutan Surya Paloh itu. Secara otomatis, akibat ulah Sariani itu membuat nama partai tercoreng. Apalagi, selama ini, NasDem di Muna Barat dikenal sebagai partai yang dekat dengan pemerintahan.

Ketua DPD NasDem Muna Barat, La Insafu ikut bereakasi terkait ulah kadernya itu. Ia sangat menyayangkan hal itu terjadi di muka umum. Mungkin, kata dia, ketua DPRD saat itu lepas kontrol, sehingga melakukan tindakan yang tidak mengenakkan terhadap Pj bupati. Namun apapun alasannya, sebagai pejabat publik sekaligus pimpinan tertinggi di dewan, hal itu tidak seharusnya terjadi.

Karenanya, partai akan menindaki ketua DPRD. Ia bakal membinaan Sariani agar tidak mengulangi lagi perbuatannya.

"Kita akan bina dan ingatkan ibu ketua agar tidak mengulangi perbuatannya. Karena apapun alasannya, sebagai pejabat publik, perbuatannya sudah salah," kata Insafu, Kamis (25/8/2022).

Baca Juga: Bantingkan Pintu Pj Bupati, Ketua DPRD Muna Barat Diminta Banyak Belajar Etika

Di NasDem, ada mekanisme yang dilalui terhadap kadernya yang melakukan kesalahan. Adalah dengan melakukan pembinaan selama tiga kali. Toh, bila itu tidak diindahkan, pasti ada sanksi tegas.

"Untuk sanksinya itu menjadi konsumsi internal partai," ujarnya.

Mantan anggota DPRD Muna Barat itu mengaku telah mendapat instruksi dari DPW NasDem Sultra agar menyikapi persoalan yang dilakukan kadernya itu. Maka dari itu, ia akan memanggil Ketua Fraksi NasDem untuk membahas bersama-sama.

"Di dewan juga, kader kami menjadi ketua Badan Kehormatan (BK). Saya juga sudah sampaikan pada ketua BK untuk mengambil langkah-langkah," terangnya.

Terkait dengan kadernya menguasai randis lebih dari satu unit, menurutnya sudah salah. Karena setiap pejabat hanya difasilitasi satu unit kendaraan sebagai penunjang operasional.

"Kalau sudah lebih dari satu, sudah menyalahi peruntukannya. Logikanya, tidak mungkin kendaraan itu digunakan langsung tiga-tiganya," tambahnya.

Baca Juga: Gegara Tak Mau Kembalikan Randis, Ketua DPRD Muna Barat Marahi Pj Bupati

Sekretaris BK DPRD Muna Barat, La Ode Amin mengaku, untuk menyikapi persoalan ketua DPRD, akan dibahas bersama ketua dan anggota BK.

"Kita akan dudukkan bersama dulu terkait langkah-langkah yang akan dilakukan," singkatnya.

Sementara itu, Pj Bupati, Bahri menanggapi santai ulah ketua DPRD dan tidak mau mencampuri langkah-langkah yang dilakukan Partai NasDem serta BK. Ia hanya fokus menjalankan aturan untuk menertibkan aset, sehingga penggunaanya sesuai peruntukannya. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga