Pemda Kolaka Timur Bentuk Forum Pengurangan Risiko Bencana

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Selasa, 20 Juni 2023
0 dilihat
Pemda Kolaka Timur Bentuk Forum Pengurangan Risiko Bencana
Pemkab Kolaka Timur bentuk FPRB guna antisipasi bencana alam. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Timur melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), membentuk forum pengurangan risiko bencana (FPRB) "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Timur melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), membentuk forum pengurangan risiko bencana (FPRB), Selasa (20/6/2023).

Plt Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis mengatakan, ide mengenai upaya pengurangan risiko bencana yang dapat  dilakukan adalah membentuk forum pengurangan risiko bencana  yang terdiri dari berbagai elemen.

"Di antaranya pemerintah, swasta, masyarakat, investor, peneliti/akademisi serta media dengan konsep yang diiringi gotong royong, semangat berbuat baik, serta melibatkan perasaan tulus ikhlas, rela berkorban dan tanpa pamrih," ujarnya.

Baca Juga: Pemda Kolaka Timur Gelar Pelatihan Tenaga Terampil Konstruksi

Azis menambahkan tujuan dibentuknya FPRB yaitu, perwujudan pastisipasi masyarakat dalam penanganan bencana daerah, sebagai mitra BPBD dalam penanggulangan risiko bencana.

"Selain itu juga memastikan kesiapsiagaan tanggap bencana, menjadi inisiator dan menumbuhkan iklim sadar bencana pada masyarakat," jelasnya.

Azis berharap, seluruh pihak dan instansi yang terlibat dalam penanggulangan bencana dapat berkolaborasi untuk mengatasi permasalahan-permasalahan, kekurangan-kekurangan, serta kebijakan yang belum sempurna terkait penanggulangan bencana di Kolaka Timur.

"Jadikan forum ini sebagai wadah  

Baca Juga: Pemda Kolaka Timur dan BPN Sulawesi Tenggara Teken MoU Soal ZNT

tempat pengabdian tanpa pamrih untuk saling bertukar pengalaman dan informasi bagi sesama pengurus," pungkasnya.

Plt BPBD Kolaka Timur, Bastian mengatakan, agar para pengurus yang dibentuk dapat menciptakan program kerja yang selaras dan mendukung program-program pemerintah.

"Forum ini dibentuk juga untuk mengedukasi masyarakat akan tanda-tanda bencana dan cara menanggulangi bencana," jelasnya. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga