Dua Tokoh Politik Ini Ungkap Alasan La Ode Budi Utama Layak Pimpin Buton Selatan

Ali Iskandar Majid, telisik indonesia
Kamis, 09 Mei 2024
0 dilihat
Dua Tokoh Politik Ini Ungkap Alasan La Ode Budi Utama Layak Pimpin Buton Selatan
Sosok La Ode Budi Utama Calon Bupati Buton Selatan. Foto: Ist.

" Sekitar enam bulan lagi kontestasi politik pemilihan kepala daerah (Pilkada) dilaksanakan, termasuk di Kabupaten Buton Selatan. Satu persatu kandidat mulai menunjukan eksistensi masing-masing untuk bersaing secara sehat pada pesta politik lima tahunan tersebut "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID – Sekitar enam bulan lagi kontestasi politik pemilihan kepala daerah (Pilkada) dilaksanakan, termasuk di Kabupaten Buton Selatan. Satu persatu kandidat mulai menunjukan eksistensi masing-masing untuk bersaing secara sehat pada pesta politik lima tahunan tersebut.

Untuk itu, Telisik.id mengulik sosok salah satu kandidat calon  Bupati Buton Selatan yakni La Ode Budi Utama yang disebut layak pimpin masyarakat Kabupaten Buton Selatan oleh sederet tokoh politik.

Melalui Sekretariat Bersama (Sekber) Kepulauan Buton (Kepton), La Djusmasni menceritakan awal pertemuannya dengan La Ode Budi Utama berawal dari sebelum Pilkada Buton Selatan yang pertama.

Kemudian, lanjut dia, pada saat Rapat Dengar Pendapat  (RDP) Komite I Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) atau lebih tepatnya usai mengurus rencana pemekaran Provinsi Kepulauan Buton (Kepton) di Jakarta pada tahun 2015.

“Saya bilang harusnya anda ini juga calon yang terbaik, saya langsung ngomong harusnya Buton Selatan anda ikut menjadi bagian yang tidak terpisahkan membangun daerah,” ungkapnya kepada Telisik.id via seluler, Kamis (9/5/2024).

Baca Juga: Ini Pasangan LM Rajiun Tumada di Pilkada Muna Mendatang

Dimata La Djusmani, sosok La Ode Budi Utama adalah pribadi yang begitu humble, mudah berkomunikasi/interaksi, sangat baik dan memiliki jiwa sosial yang tinggi.

Ia mengaku telah lama mendukung La Ode Budi Utama maju pada Pilkada 2024 untuk menjadi kandidat yang diperhitungkan dengan segala kemampuan dan sepak terjangnya baik diregional, nasional, maupun lokal daerah.

Dibandingkan kandidat-kandidat yang berpartsipasi pada pilkada Buton Selatan, kata dia, sosok La Ode Budi Utama adalah salah satu kandidat yang patut untuk diperhitungkan.

Namun, Djusmani menyatakan, berbicara perihal politik semua kandidat layak asal memenuhi syarat. Hal tersebut menjadi poin yang harus digaris bawahi. Lebih jauh, ia menjelaskan, bedasarkan kacamata politik semua kandidat sangat rival sekali dengan La Ode Budi Utama.

Akan tetapi menurutnya, sosok La Ode Budi Utama patut untuk dipertimbangkan terlebih komunikasi yang terbangun di pusat cukup baik serta mempunyai koneksi yang cukup kuat dan perihal bagaimana membangun daerah La Ode Budi Utama sudah cukup familiar akan hal tersebut.

Disamping kemampuan individu La Ode Budi Utama terutama dalam rangka peningkatan SDM. Kata dia, untuk meningkatkan potensi daerah harus mempunyai kemampuan komunikasi yang baik.

“Biar juga kita punya potensi kalau tidak punya ruang untuk itu tidak ada jejaring, maka itu semua itu hanya menjadi cerita,” tandasnya.

Terlepas dari hal itu, ia melihat sosok La Ode Budi Utama sebagai putra daerah yang memikirkan daerahnya sehingga sangat layak untuk didukung dan diberi tempat yang pantas karena sangat pantas memimpin daerah.

Hal ini karena Buton Selatan suatu daerah yang memiliki potensi yang sangat luar biasa hingga pada kanca nasional dikenal dengan sebutan “Basi Lika” yakni salah satu blok minyak yang harus digarap potensinya disamping potensi lautnya.

Pada kesempatan tersebut, Djusmani mengungkapkan, apabila ditela’a lebih kritis Buton Selatan dewasa kini sebagai daerah baru beranjak 10 tahun sebenarnya hanya administrasinyax yang baru yang mana ternyata memiliki potensi yang sangat dalam.

Oleh karena itu, sosok La Ode Budi Utama diharapakan dapat memimpin masyarakat Buton Selatan untuk menjadi Bupati Buton Selatan periode 2024-2029.

Ia turut menyampaikan harapannya untuk La Ode Budi Utama maju pada Pilkada Buton Selatan 2024 bahwa semua partai politik yang ada di Buton Selatan dapat memberikan dukungan yang kuat untuk memenuhi persyaratan menjadi pemimpin daerah.

Sementara itu, mantan Ketua DPRD Pertama Buton Selatan, La Usman juga angkat suara perihal sosok La Ode Budi Utama dimatanya. Kata dia, La Ode Budi Utama adalah individu yang mempunyai pengalaman dan segudang prestasi.

Usman menyebutkan, diantara putra daerah Buton Selatan salah satu yang terbaik ialah La Ode Budi Utama. Ia mengatakan, calon pemimpin untuk Buton Selatan yang mempunyai kapasitas, kapabilitas, dan integritas yang tinggi dan itu semua ada pada sosok La Ode Budi Utama.

Ia turut menyampaikan perhatiannya terhadap kemajuan Buton Selatan kedepanya yang masih sangat tertinggal jauh dari segi pembangunan infrastruktur jika dibandingkan dengan dua daerah pemekaran seperti Kabupaten Buton Tengah dan Muna Barat. Kedua daerah ini pada pembangunan infrastruk ia umpamakan sudah berada di 100 kilometer, sedangkan Buton Selatan masih tertinggal jauh sekali.

Kata dia, padahal kedua Kabupaten tersebut pada awal pemekarannya bersamaan dengan pemekaran Kabupaten Buton Selatan dari Kabupaten Buton pada tahun 2014.

Baca Juga: Abdul Rahman Terima Surat Tugas Partai Demokrat untuk Pilwali Kendari

Olehnya itu, ia turut mengungkapkan harapannya agar kedepannya Buton Selatan dapat mengejar ketinggalannya dari dua daerah pemekaran tersebut.

Untuk itu, Usman menyampaikan kepada seluruh masyarakat Buton Selatan agar tidak salah lagi dalam memilih pemimpin.

“Oleh itu harapan saya kepada masyarakat Buton Selatan jangan salah lagi kita memilih pemimpin,” katanya kepada Telisik.id, pada Rabu (8/5/2024) malam.

Ia juga menitipkan pesan untuk semua putra daerah Buton Selatan yang menjadi kandidat calon Bupati Buton Selatan, apabila terpilih menjadi pemimpin harus amanah sehingga melahirkan pemimpin yang baik, yang benar-benar untuk membangun Buton Selatan.

Usman turut menyampaikan agar Pilkada Buton Selatan kali ini menjadi pesta demokrasi yang benar-benar terlaksana dengan baik dan itulah yang diharapakn masyarakat Buton Selatan. (B)

Penulis: Ali Iskandar Majid

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga